Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wiranto Luka di Perut Tapi Dirawat di Unit Perawatan Otak? Ini Jawabannya

| 11 Oktober WIB |
LUGAS | Pasca peristiwa penusukan, kondisi Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto terus membaik. Sebelumnya, Wiranto menjalani perawatan di ICU, kemudian di unit perawatan otak atau syaraf Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto.

Kenapa dirawat di CICU?

"Mungkin CICU bisa memberikan perawatan lebih baik. Selain itu, dokter mungkin juga bisa melakukan observasi lebih baik pada pasien. Dengan pertimbangan khusus tersebut, akhirnya dipilih CICU," ujar Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) dr Mursyid Bustami, SpS(K), KIC, MARS, sebagaimana dilansir laman detik.

CICU di RSPAD serupa dengan di RS PON yang dinamai Neurology Intensive Care Unit (Neurology ICU), salah satu jenis ICU bagi pasien gangguan otak yang dalam kondisi kritis.

CICU atau Neurology ICU menawarkan perawatan dan observasi lebih baik, termasuk menekan risiko infeksi penyakit menular. 

Jika Intensive Care Unit (ICU) secara umum dipakai untuk merawat pasien dengan kondisi serius yang membutuhkan pemantauan ketat disertai tindakan medis yang bersifat kritis dan sistem pendukung fungsi organ tubuh (life support) pada pasien yang sakit atau terluka parah. Maka di CICU lebih fokus pada perawatan saraf.

Selain Wiranto, almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie juga pernah menjalani perawatan di CICU. (L)

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update