Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Malut Hingga Sulut, Berpotensi Tsunami

| 15 November WIB |
LUGAS | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan dini tsunami akibat gempa bermagnitudo 7,1 berakhir. Namun BMKG mencatat gempa susulan yang terjadi di Malut.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa M 7,1 tanggal 14 November 2019, 23:17:43 dinyatakan telah berakhir," demikian informasi yang disampaikan lewat Twitter BMKG @infoBMKG, Jumat (15/11/2019) dini hari.

BMKG melaporkan tsunami terdeteksi di Ternate dan Bitung, Maluku Utara. Tsunami ini muncul sebagai dampak gempa magnitudo 7,1 di Jailolo, Malut.

"Tsunami akibat Gmp Mag:7.1SR, telah terdeteksi di Ternate," demikian kata BMKG lewat @infoBMKG.

Dilaporkan tsunami terdeteksi pada Kamis (14/11) pukul 23.43 WIB. Tinggi air mencapai 0,06 meter. Sementara itu, di Bitung tsunami setinggi 0,1 meter pada Jumat (15/11) pukul 00.08 WIB.

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut). Sebelumnya disebut gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa ini dirasakan di sejumlah daerah. 

Hal sama tampak di pusat Kota Manado yakni di kawasan Jalan Pierre Tendean, Boulevard, warga di pusat keramaian Kota Manado ini panik.

Michael, securiti kawasan Megamas mengatakan, warga yang makan di beberapa warung dan tempat nongkrong 1x 24 jam banyak yang berteriak.

Sementara itu beberapa warga mengaku dia hanya bisa berdoa.

''Saya sebenarnya sudah takut, tapi tidak bisa berbuat apa-apa jadi berdoa saja, '' ujar Anneke, warga Lorong Majalah, Manado, Sulut, Jumat (15/11/2019).

Di Malalayang Dua, Kecamatan Malalayang, Sulawesi Utara, kepanikan juga terasa.

"Oh Tuhan tolong gempa" begitulah teriak beberapa warga di sana saat gempa terjadi.

Mereka lari tunggang-langgang keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Bahkan ada yang hanya menggunakan sarung di tangannya.

"Kuat sekali ini gempa," ujar seorang pria yang menggunakan baju hitam berlogo macan. (L/detik/tribun)


PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update