Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Musrenbang Kelurahan Jakasampurna Prioritaskan Infrastruktur Atasi Banjir dan Kesehatan

| 22 Januari WIB |

LUGAS | Bekasi - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Jakasampurna Kec. Bekasi Barat Tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kota Bekasi tahun 2021 dilaksanakan pada Selasa (21/1/20) di aula Kelurahan Jakasampurna.

Tema Musrenbang, ”Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Kapasitas Pelaku Ekonomi”.

Edi Junaidi, Sekretaris Kelurahan sekaligus ketua panitia mengungkapkan bahwa Musrenbang ini serentak dilaksanaakan di 12 kecamatan se-kota bekasi, yang terdiri dari 56 kelurahan, "dan pada hari ini serentak di 44 kelurahan," ujar Edi.

Menurut Edi, sempat terjadi beberapa kali perubahan waktu penyelenggaraan Musrenbang ini. "Semua terjadi karena menyesuaikan agenda yang ada dan bersamaan, kami mohon maaf dan mohon di maklumi," jelas Edi.

Lurah Jakasampurna, Nurdin, mengungkapkan bahwa dari semua usulan yang masuk ada prioritas-prioritas seperti pembangunan Infrastrukur yang terkait dengan upaya  meminimalisir titik-titik terdampak banjir. Disamping itu, juga ada prioritas bidang kesehatan, yaitu pembangunan dan peningkatan kapasitas layanan kesehatan dalam hal ini Puskesmas yang saat ini warga Jakasampurna masih dilayani Puskesmas Ringin Jaya.

Musrenbang merupakan media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Kelurahan dengan prioritas dan sasaran pembangunan kota, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada setiap tahapan Musrenbang. Karena itu, Nurdin akan kembali melakukan survei dan verifikasi kembali pengajuan warganya.

Setelah verifikasi, dilanjutkan dengan input data secara terperinci baik rencana pembangunan fisik maupun non fisik, sehingga dapat terukur rencana anggarannya.

Selaras dengan tema Musrenbang, Nurdin mengapresiasi para pelaku ekonomi UMKM di Jakasampurna yang telah berhasil mengembangkan tanaman hidroponik dan juga ikan hias, "yang mana keduanya menghasilkan nilai ekonomi yang baik, sehingga kami terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitasnya," terang Nurdin.

Dalam kinerja pelayanan pihak kelurahan kepada masyarakat, lurah yang gemar blusukan ini menegaskan agar warga yang mau mengurus surat datang saja langsung ke kelurahan, "tidak usah titip-titip, semua akan di layani dengan baik!" Tegas Nurdin.

Guna menciptakan suasana nyaman lingkungan tempat tinggal, Nurdin mengimbau pada semua warga untuk membuang sampah pada tempatnya, giat dalam melaksanakan kerja bakti dan gotong royong, serta merasa memiliki lingkungan.

Musrenbang kelurahan Jakasampurna dihadiri segenap stakeholder (pemangku kepentingan) yang terdiri dari para pejabat dan tokoh kota Bekasi seperti Anggota DPRD, Kepala Badan Perencanaan, Pemanfaatan, Pengendalian dan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Bekasi Barat, Kapolsek, Danramil, para Kepala sekolah, Ketua LPM, Ketua BKM, Ketua Karang Taruna, Ketua FKRW, Ketua Penggerak PKK, tokoh masyarakat, Ketua Pokja Posyandu.

Reporter : Agus Wiebowo
Editor : Mahar Prastowo


PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update