• Latest News

    Gus Sholah Meninggal Dunia

    LUGAS | Jakarta -  Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia usai kritis setelah operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

    "Gus Sholah baru saja wafat, pada pukl 20.55 WIB," kata putra Gus Solah, Irfan Wahid (Ipang Wahid) lewat akun Twitter-nya, @ipangwahid, Minggu (2/2/2020).

    Ipang wahid meminta semua masyarakat mendoakan Gus Sholah.

    "Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu...," tulis Ipang.

    Gus Sholah dirawat di rumah sakit sejak seminggu lalu. Setelah itu, pada Jumat (31/1), Gus Sholah menjalani operasi karena ada masalah pada selaput jantungnya.

    Dr. (H.C.) Ir. H. Salahuddin Wahid lahir 78 tahun silam di Jombang, 11 September 1942.

    Ia adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia, pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.

    Pada tahun 2004 menjadi Cawapres berpasangan dengan mantan Panglima TNI Jendral (Purn) Wiranto. Dan pada Pilpres 2019 menjadi orang penting di Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf meski yang muncul namanya adalah anaknya, Irfan Wahid (Ipang Wahid).

    Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu), dan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H. Hasyim Asy'ari.

    Jokowi pun menyampaikan ucapan duka cita  pada Minggu, 02 Februari 2020 melalui akun instagramnya. 

    Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Meninggal Dunia  
    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Baru saja mendengar kabar duka bahwa tokoh ulama, aktivis, dan politisi, Bapak Kiai Salahuddin Wahid telah berpulang ke Rahmatullah malam ini. Almarhum Gus Sholah adalah putra pahlawan nasional KH Wahid Hasyim, dan adik kandung Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid. Atas nama keluarga, pemerintah, dan seluruh rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepulangan beliau. Semoga segala amal ibadah dan pengabdian Gus Sholah semasa hidupnya mendapat ganjaran yang berlimpah dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran. Amin Ya Rabbal Alamin," 
    tulis @jokowi, Minggu (2/2/2020).

    Gus Sholah disemayamkan di rumah duka di Bangka Raya No.2B, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Jenazah diterbangkan ke Jombang lewat Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta pukul 09.00 WIB,dan akan dimakamkan di kompeks pemakaman keluarga di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020), berdampingan dengan makam Gus Dur.


    (Mahar P/FORWARD)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gus Sholah Meninggal Dunia Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top