• Latest News

    Tim Siaga Covid-19 Taliabu Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area Publik

    Team Siaga Covid-19 Taliabu lakukan penyemprotan disinfektan di area publik kota Bobong 
    LUGAS | Pulau Taliabu - Team Gabungan Siaga Pandemik Covid-19 yang terdiri dari SATPOL PP, BPBD, DAMKAR, TNI, POLRI dan SENKOM (Sentra Komunikasi) Mitra Polri berjumlah 40 personil, pada Kamis (26/03/2020) melakukan operasi sterilisasi area jalan raya serta pemukiman warga dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid-19. 

    Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran yang sebelumnya telah diisi cairan disinfektan dengan target seluruh ruas jalan di kota Bobong, got saluran air, maupun rumah penduduk yang berdekatan dengan jalan.

    Haruna Masuku, Kasatpol PP sekaligus yang memimpin operasi ini mengatakan bahwa penyemprotan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi demi mencegah terjadinya penyebaran wabah Corona di masyarakat yang saat ini menjadi wabah pandemik dunia. "Kegiatan ini dilakukan bertahap dan untuk besok team akan bergerak untuk mensterilkan pasar sembako di Wayo," ungkap Haruna.

    Menurut salah satu pedagang di pasar telur, mereka mengkhawatirkan adanya penutupan pasar dalam waktu yang lama saat proses sterilisasi tempat penjualan. Namun saat dikonfirmasi Kasatpol PP Haruna Masuku mengatakan bahwa penutupan pasar hanya berlangsung satu hari saja. Untuk penutupan aktivitas pasar dirasa belum perlu karena belum ada perintah langsung terkait masalah itu. "Ini hanya tutup sementara karena ada proses sterilisasi penyemprotan disinfektan dan hari itu juga selesai sehingga pedagang besok bisa beraktifitas seperti biasa," terang Haruna.

    Sementara itu Kepala BPBD, Sutomo, yang sekaligus merupakan Ketua Tim Harian Satgas Penanganan Covid-19, berharap bahwa dengan adanya penyemprotan cairan disinfektan yang dilaksanakan oleh Satgas Penanganan dan Pencegahan di Kabupaten Taliabu, wabah Covid-19 tidak sampai ke Kabupaten Kepulauan ini, "semoga tidak ada wabah yang terdampak nanti di Kabupaten Pulau Taliabu," harap Sutomo.

    Sutomo juga menjelaskan bahwa kedepan harapannya baik penumpang dari kapal ataupun rumah-rumah akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Namun untuk saat ini area badan jalan ibu kota yang diprioritaskan.

    "Untuk APD (Alat Pelindung Diri, red) maupun alat penunjang lainnya sudah ada sekitar 50 buah APD dari 100 buah yang dipesan, namun masih terkendala di alat pengukur suhu tubuh saja yang harus di tambah lagi," terang Sutomo kepada LUGAS.

    Reporter : Moh. Sutikno H
    Editor: Mahar Prastowo
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tim Siaga Covid-19 Taliabu Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area Publik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top