• Latest News

    BKKBN Taliabu Lakukan Pemasangan Implan Gratis Harganas 29 Juni 2020

    LUGAS | Taliabu - Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Pulau Taliabu  akan menyelenggarakan pemasangan implan gratis dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (harganas) yang jatuh setiap tanggal 29 Juni.

    Kegiatan yang mengangkat tema "Gerakan Pelayanan Sejuta Akseptor" ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

    “Peringatan Harganas menargetkan pelayanan KB gratis untuk sejuta akseptor. Selain untuk mencapai tujuan BKKBN, kegiatan ini juga ingin memecahkan rekor MURI dengan pelayanan KB gratis terbanyak ,” ujar kepala BKKBN Kabupaten Pulau Taliabu, Gama Azhar pada Senin, 22 Juni 2020.


    “Di Taliabu sendiri, kita kebagian melayani 139 akseptor secara gratis. Walaupun kegiatan yang akan dilakukan hanya dua dari lima item kegiatan yang dicanangkan, yakni pemasangan dan pencabutan implan. Hal tersebut berkenaan keterbatasan sarana dan sdm seperti ahli fasektomi”, tambahnya.

    Ia mengatakan, bahwa 139 ibu rumah tangga akan dilayani oleh beberapa fasilitas kesehatan (faskes) di tiga kecamatan yakni Taliabu Barat, Taliabu Barat Laut dan kecamatan Lede pada Sabtu (pagi), 29 Juni 2020.

    Dilansir dari halaman keluargaindonesia.id, Harganas merupakan agenda tahunan BKKBN yang bertujuan menghidupkan fungsi-fungsi yang ada di dalam keluarga yakni fungsi reproduksi yang bertanggungjawab, fungsi dukungan ekonomi dan fungsi perlindungan emosional.

    Merujuk dari hal tersebut, Kabid KBKS BKKBN Pulau Taliabu kepada LUGAS menuturkan bahwa BKKBN Pulau Taliabu melalui Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), selain melakukan pendataan terkait siapa-siapa saja yang ingin melakukan pemasangan atau pelepasan Implan, petugas tersebut juga memberikan edukasi kepada calon akseptor tentang kekurangan dan kelebihan implan, juga hal positif apa yang akan dicapai jika para akseptor juga keluarganya mengindahkan himbauan BKKBN terkait KB.

    “Tim sudah melakukan pendataan dan edukasi. Data-data tersebut sudah masuk ke pihak kami, tinggal di input pada saat hari-H nanti. Pada awalnya akseptor itu hanya empat belas, tetapi melihat animo masyarakat terkait pemasangan implan ini cukup tinggi, maka kami melakukan koordinasi dengan pihak BKKBN Propinsi untuk melakukan penambahan jumlah akseptor. Alhamdulillah usulan tersebut diapresiasi, sehingga pada akhirnya untuk Kabupaten Pulau Taliabu terkhusus tiga kecamatan ini, disetujui 139 akseptor,” ungkap La Aida Maiba selaku Kepala Bidang

    Ia menambahkan, bahwa berkenaan dengan intensif, itu juga sudah kami usulkan ke Propinsi. Setiap PLKB akan mendapatkan tiga puluh lima ribu, bidan yang melakukan pelayanan akan mendapatkan insentif sebanyak seratus ribu rupiah, akseptor akan mendapatkan uang tranportasi sebanyak empat puluh ribu rupiah beserta makanan. 

    Lugas Taliabu  | Editor: Mahar P
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BKKBN Taliabu Lakukan Pemasangan Implan Gratis Harganas 29 Juni 2020 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top