• Latest News

    Jokowi dan Anies Baswedan Sepakat Masjid Dibuka Kembali

    JK saat meninjau Masjid Al Azhar Kebayoran Baru, Rabu (03/06/2020)
    LUGAS | Jakarta - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) M.Jusuf Kalla menyampaikan bahwa dirinya telah berkonsultasi dengan Bapak Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Anis Baswesan sepakat untuk mulai Jumat pekan ini masjid dibuka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pernyataan JK ini disampaikan saat meninjau Masjid Al Azhar Kebayoran Baru, Rabu (03/06/2020). 

    "Karena itu, dengan syarat juga masjid-masjid membersihkan masjidnya dengan desinfektan kalau tidak bisa dilakukan semprotan maka dibersihkan dengan Wipol dan sebagainya itu di lantai,” ujar JK.

    Selain menjaga ketat protokol kesehatan, JK meminta jamaah hendaknya membawa sajadah masing-masing ketika melaksanakan sholat di masjid.

    “Setiap jamaah diharuskan membawa sajadah sendiri, setidaknya kain untuk tempat sujud. Supaya kalaupun ada (virus corona) tidak terkena. Itu yang kita sampaikan dan insya Alloh itu semua pasti akan melakukan,” tegasnya.

    JK juga meminta pengurus masjid bertindak tegas apabila ada jamaah yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

    "Pakai masker, kalau ada jamaah tak pakai masker, suruh pakai masker baru boleh masuk. Kemudian cuci tangan, di setiap pintu ada disinfektan, atau sabun, atau tempat wudhu meski ada sabun," ujarnya.

    JK yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), menyebutkan selain masjid, gereja nantinya juga akan dibuka pekan ini. Agar seluruh umat bisa melaksanakan ibadahnya masing-masing disertai dengan protokol kesehatan.
    Aparat TNI bersama relawan sedang melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid

    "Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk memastikan masjid yang akan menggelar ibadah sholat Jumat ini aman dari virus," ungkapnya.

    JK juga menjelaskan, masjid akan dibuka untuk umum apabila pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta tidak diperpanjang.

    Guna memastikan masjid steril, sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu aparat TNI melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah masjid yang ada di DKI Jakarta.

    (L/TriJoko)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jokowi dan Anies Baswedan Sepakat Masjid Dibuka Kembali Rating: 5 Reviewed By: LUGAS NEWS
    Scroll to Top