• Latest News

    Peringati HUT PJI Ke-27, Kajari Taliabu Pimpin Aksi Bersihkan Lingkungan dari Sampah Plastik

    LUGAS | Taliabu - Memperingati hari ulang tahun ke-27, Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Cabang Pulau Taliabu melakukan aksi sosial dengan tema kegiatan “Save Our Nature, Pembersihan Lingkungan dari Sampah Plastik” di beberapa titik di area Kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat. Senin (15/6/2020). Kegiatan dipimpin langsung Kajari Taliabu dengan menggandeng sejumlah mitra kerja.

    Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Cabang Pulau Taliabu bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri  Kabupaten Pulau Taliabu menggandeng beberapa instansi terkait di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten dan beberapa mitra seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Polisi Pamong Praja, TNI, POLRI dan SENKOM serta mengajak warga sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut. 

     “Dalam memperingati HUT ke-27 Persatuan Jaksa Indonesia Cabang Pulau Taliabu, kami mengajak beberapa instansi terkait yang memiliki program dan semangat yang sama seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, POL PP, TNI, POLRI dan SENKOM untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan aksi sosial “Save Our Nature, Pembersihan Lingkungan dari Sampah Plastik. Warga sekitar juga kami ajak untuk turun aksi bersama,” terang Kajari Taliabu Dr. Agustinus Herimulyanto, S.H., M.H.Li selaku penanggungjawab kegiatan.



    Aksi sosial pembersihan lingkungan dari sampah plastik dilakukan di beberapa wilayah publik yang rentan dengan sampah seperti di area Pelabuhan Bobong dan sekitar pantai sepanjang 500 meter arah utara Bank BRI Unit Taliabu. Kegiatan berlangsung tertib dan diikutinpenuh antusias oleh warga sekitar .


    Sampah plastik merupakan masalah lingkungan yang menjadi isu global. Membutuhkan proses yang lama untuk diuraikan tanah dan memiliki dampak yang berbahaya terhadap lingkungan seperti mengganggu rantai makanan, mencemari air tanah, mencemari tanah, menyebabkan polusi udara, membunuh hewan dan memiliki unsur kimia yang beracun. Sehingga memerlukan kesadaran, kepedulian dan tindakan kolektif semua pihak.

    Warga sekitar memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut dan mengungkapkan kegembiraannya, mengingat sebagai  tempat publik yang banyak orang berkumpul setiap hari, banyak sampah berserakan. "Kami berharap dengan kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan,” ujar seorang warga sekitar lokasi aksi yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan.
    Kajari Taliabu Dr. Agustinus Herimulyanto, S.H., M.H.Limemimpin aksi sosial pembersihan lingkungan dari sampah plastik

    Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pulau Taliabu selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih dan apresisasi setingi-tinginya kepada dinas terkait dan mitra  yang turut hadir.

    “Kami berterimah kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada instansi yang hadir, semoga Tuhan membalas dengan kebaikan yang lebih baik lagi dan kami berharap agar kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab kita semua tidak hanya secara lembaga tapi juga secara individu dengan selalu membuang sampah pada tempatnya,” ucap Kajari Taliabu Dr. Agustinus Herimulyanto, S.H., M.H.Li, alumnus S1-S3 Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada ini.

    Reporter : Tim Lugas | Editor: Mahar Prastowo
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Peringati HUT PJI Ke-27, Kajari Taliabu Pimpin Aksi Bersihkan Lingkungan dari Sampah Plastik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top