• Latest News

    Dirbinmas Polda Sumbar Ingin Bentuk Pokdarkamtibmas, Senkom Dukung dan Siap Berpartisipasi

    Reporter: Riki Abdillah | Editor: Mahar Prastowo



    LUGAS | Padang
    - Pengurus Senkom Mitra Polri Provinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan silaturahmi dan perkenalan dengan Dirbinmas Polda Sumbar  Kombes Pol. Drs. Johni Soeroto, pada hari jumat (17/07/2020).

    Kegiatan ini diikuti langsung oleh Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah didampingi Ketua Pembina Provinsi H. Muchfiandi, Sekretaris Provinsi Sadi Asadillah, Wakil Sekretaris Fathur Rohim dan Ka Biro OKK Riki Abdillah. Jumat (17/7/2020).

    Ketua Pembina Provinsi H. Muchfiandi, akrab disapa Andi, menyampaikan permintaan maaf kepada Dirbinmas karena baru berkesempatan bersilaturahmi akibat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

    Sementara Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Polda Sumbar kepada  Dirbinmas. "Dan harapan kami agar hubungan dan kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini antara Senkom dengan Polda Sumbar bisa dilanjutkan dan ditingkatkan,” ujar H. Nur Hidayatullah.



    Visi Tingkatkan Partisipasi  Masyarakat
    Dalam kesempatan ini, dilakukan diskusi mengenai visi Dirbinmas untuk membentuk sebuah forum mitra Polri yang beranggotakan berbagai unsur kelompok masyarakat yang ada, dengan tujuan untuk pencegahan dan penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.

    “Konsep kemitraan antara Polri dan masyarakat dalam wujud apapun sebutannya tentu secara hakiki adalah bentuk-bentuk pastisipasi masyarakat. Saya sangat apresiasi Senkom dengan berbagai latar belakang dan kesibukan masing-masing masih mau menyempat-nyempatkan diri untuk melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya membantu masyarakat, apapun bentuknya, terima kasih saya ucapkan semoga itu menjadi ladang ibadah untuk kita semuanya," urai Dirbinmas.

    Menurut Dirbinmas, kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali. Jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia. Sehingga, dengan melihat keberhasilannya membentuk Pokdarkamtibmas sewaktu bertugas di Polda Lampung, ia ingin melakukan hal serupa di Sumatera Barat.

    Pokdarkamtibmas itu sendiri adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, sebuah Organisasi Masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah ditengah masyarakat seperti tindak pidana ringan (Tipiring).

    Pokdar Kamtibmas sebagai sarana membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas dan Mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

    Hal ini sesuai dengan apa yang selama ini telah dilakukan pimpinan Polri (Kapolri) yang mampu mengakomodir wujud partisipasi masyarakat seperti FKPM, Dai Kamtibmas, Senkom Mitra Polri dan mitra-mitra polri lainnya. "Yang kesemuanya itu terdiri dari berbagai macam profesi dan Alhamdulillah itu bisa disatukan dalam satu wadah  Pokdarkamtibmas, tanpa membedakan status golongan suku agama etnis antar golongan," terang Dirbinmas.

    "Alhamdulillah gayung bersambut akhirnya banyak organisasi bergabung dari berbagai macam latar belakang profesi, ada dokter, insinyur, advocate, ASN, Anggota dewan, budayawan, seniman, pedagang dan lain sebagainya semua bergabung dengan prinsip kesetaraan, terwujud di semua level dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota dan kecamatan, sampai ke tingkat desa. Mereka tahu permasalahan-permasalahan pokok yang ada di sekitar mereka sehingga hal itu dapat disalurkan dan didiskusikan untuk penyelesaian atau bahkan dikemudian hari dapat dicegah,"terang Kombes Pol. Johny Soeroto.

    Lebih lanjut Dirbinmas menerangkan tentang visi mewujudkan Indonesia yang aman. "Kita harus paham 8 Gatra Ketahanan Nasional yang meliputi geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi,  politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan."

    Sehingga keinginan Dirbinmas membentuk Pokdarkamtibmas secara menyeluruh di semua tingkatan di provinsi Sumatera Barat, guna memnuhi harapan Kapolri. Bahwa kepolisian dimanapun berada agar membentuk forum yang mengedepankan kearifan lokal yang sifatnya adalah rembuk dalam rangka mencegah maupun menyelesaikan masalah.

    "Oleh karena setelah FGD  (focus group discussion, red) yang nanti akan kita adakan, dapat terbentuk Pokdarkamtibmas Sumatera Barat dan formatur kepengurusannya di berbagai tingkatan kita sahkan dengan Skep, di provinsi oleh Kapolda, di kab/kota dan kecamatan oleh Kapolres," tutup Dirbinmas.


    Menutup diskusi, H. Nurhidayatullah menyampaikan bahwa Senkom Sumatera Barat akan mendukung visi Dirbinmas, yang mana hal tersebut juga sejalan dengan Senkom yang selama ini telah berjalan, yaitu menjadi mitra di bidang cipta kondisi kamtibmas serta membangun kesadaran kamtibmas di masyarakat. "Senkom dalam hal ini sudah sejalan, jadi kami dukung dan siap berpatisipasi," tegas Ketua Senkom Sumatera Barat H. Nurhidayatullah. [L]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dirbinmas Polda Sumbar Ingin Bentuk Pokdarkamtibmas, Senkom Dukung dan Siap Berpartisipasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top