• Latest News

    Kapolda Kukuhkan Kepengurusan Pokdar Kamtibmas Sumatera Barat

    Reporter: Riki Abdillah  |  Editor: Mahar Prastowo





    LUGAS | Padang
    - Kapolda Sumatera Barat Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H mengukuhkan kepengurusan Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (29/7) di ballroom Hotel Mercure Jl. Purus IV, Padang.

    Peran serta masyarakat seperti dalam wadah Pokdar Kamtibmas sangat dibutuhkan karena menurut Kapolda dalam upaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif diperlukan jumlah anggota Polri yang sebanding dengan jumlah masyarakat atau rasio 1:300, dengan pengertian 1 polisi memberikan pelayanan maksimal kepada 300 masyarakat.

    “Namun jumlah yang demikian sampai sekarang masih belum terpenuhi, saat ini di Sumbar rasionya sekitar 1:600-700 atau artinya ini masih 50% dari ideal, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif tersebut,” katanya.

    Kapolda berharap, dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas Daerah Sumbar, kehadirannya dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal.

    "Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata serta sosialisasi tentang peraturan perundang - undangan lainnya,” ucapnya.

    Dengan telah terbentuknya Pokdar Kamtibmas tingkat Provinsi, Kapolda Sumbar memerintahkan kepada para Kapolres sejajaran Polda Sumbar setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdar Kamtibmas tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan/Nagari bersama Bupati/Walikota dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten/Kota dan melaporkan hasilnya pada kesempatan pertama.

    Kemudian, kepada Dirbinmas selaku Pembina Pokdar Kamtibmas dan para direktur fungsi operasional untuk memberikan arahan kepada anggota Pokdar Kamtibmas tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga dapat memahami tugas pokok, fungsi dan peran serta prinsip-prinsip Pokdar Kamtibmas termasuk kewajiban maupun larangan selaku anggota Pokdar Kamtibmas.

    "Berikan materi cara penyelesaian masalah dan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat secara berjenjang," ujar Irjen Pol Toni Harmanto.

    Kapolda menekankan, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat mulia dan bernilai ibadah. Jangan nodai dengan kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok serta mengharapkan imbalan-imbalan yang sifatnya materi. Memelihara keamanan, kenyamanan dan kedamaian di masyarakat adalah perintah Tuhan kepada kita semua selaku khalifahnya di muka bumi.

    "Mari kita laksanakan tugas mulia ini dengan sepenuh hati, semangat dan dedikasi tinggi dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas serta pegang teguh slogan Pokdar Kamtibmas Daerah Sumatera Barat yaitu “Elok-elok Sajo," pungkasnya.

    "Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi nya kepada Gubernur Sumbar dan seluruh unsur forkopimda Prov sumbar,  ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai dan bundo kanduang yang telah bersedia menfasilitasi kegiatan mulia ini dan bersedia menjadi pionir dalam pembentukan Pokdar Kamtibmas Sumatera Barat termasuk juga para Rektor Universitas yang kesemuannya hadir dan bersedia menjadi pembina dan penasehat Pokdar Kamtibmas ini," ujar Kapolda.

    Adalah Triski, seorang pengusaha muda kota Padang, dikukuhkan sebagai ketua Pokdar Kamtibmas Sumatera Barat dan Mahdiyal Hasan, S.H sebagai sekretaris. 

    Dalam sambutannya Ketua Pokdar Kamtibmas menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya diberi amanah kepercayaan sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas Sumatera Barat.

    "Alhamdulillah dan terimakasih saya dipercaya sebagai Ketua Pokdar kamtibmas Sumbar,  tugas dan fungsi Pokdar Kamtibmas adalah terwujudnya Pokdar Kamtibmas yang professional, modern,  bermoral dan terpercaya serta mengajak masyarakat bersama-sama untuk senantiasa memelihara dan menjaga Kamtibmas dengan cara mencegah maupun menyelesaikan masalah bersama polri dan stakeholder lainnya. Tugas tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa bantuan, bimbingan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat dan anyg terpenting adalah arahan dari para pembina dan dewan penasehat," ujar Triski.

    Hadir dalam acara ini Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik., M.Si, Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Johni Soeroto dan PJU Polda Sumbar, Perwakilan Gubernur Sumbar, Forkopimda Sumbar, Para Walikota/Bupati se-Provinsi Sumbar, Para Kapolres Sejajaran Polda Sumbar, Para Kasat Binmas se Polda Sumbar,  Para Rektor Universitas diantaranya Rektor UNP, Rektor Unand serta unsur Pembina dan Penasehat lainnya.

    Hadir juga sebagai undangan mendukung terbentuknya Pokdar Kamtibmas Sumbar ini, Ketua Pokdar Kab/Kota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Cadiak Pandai, Alim Ulama, Bundo Kanduang, Pimpinan KNPI, Pemuda Pancasila, Senkom Mitra Polri, Peradi, MUI, NU, Muhammadyah, LDII, serta pimpinan perusahaan dan ormas lainnya. [L]



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Kapolda Kukuhkan Kepengurusan Pokdar Kamtibmas Sumatera Barat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top