• Latest News

    Rembug Alumni UNP Ungkap Perlunya Calon Pemimpin Bervisi Lingkungan

    Reporter: Riki Abdillah | Editor: Mahar Prastowo




    LUGAS
    | Padang
    - Rembug alumni Universitas Negeri Padang (UNP) dalam sebuah seminar daring bertema “Mitigasi dan Pengelolaan Lingkungan di Era New Normal”, Senin (27/07/2020), setidaknya menyimpulkan beberapa hal penting. Dan salah satunya adalah mengenai perlunya mempersiapkan dan menjaring calon pemimpin yang berwawasan dan bervisi lingkungan.

    "Untuk menguasai ilmu lingkungan atau memperdalam ilmu lingkungan, para calon pimpinan dan para pimpinan dapat melakukannya di Program Studi Ilmu Lingkungan di Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang," ujar Dr. Indang Dewata, M.Si., yang menjadi Keynote Speaker seminar ini dengan memaparkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH).

    "Peningkatan angka kejadian bencana lingkungan, merupakan satu indikator bahwa Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) berada dalam level siaga," ungkap Dr. Indang Dewata, M.Si.

    Untuk itu, Indang Dewata mengungkapkan perlunya kearifan calon pimpinan baru untuk segera memasukan aspek lingkungan hidup ke dalam visi dan misi sebagai bukti bahwa calon pimpinan yang benar-benar pro rakyat karena dipilih oleh rakyat.

    Sementara itu Ketua Program Studi S3 Ilmu Lingkungan PPS UNP Prof. Dr. Eri Barlian, M.S.  mengungkapkan  seminar daring ini juga ditujukan untuk mensosialisasikan Program Studi S3 Ilmu Lingkungan yang segera divisitasi secara daring dan berharap dengan bantuan berbagai pihak dapat terakreditasi unggul.

    “Terima kasih atas semua pihak, para dosen, mahasiswa dan segenap staf Program Studi S3 Ilmu Lingkungan PPS UNP yang telah bekerja keras dan bersama-sama untuk memenuhi persyaratan proses akreditasi," ujar Prof. Eri Barlian.

    Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D yang berkenan membuka seminar ini, menyampaikan apresiasi serta mengucapkan selamat kepada Program Studi Ilmu Lingkungan dan Alumni Ilmu Lingkungan PPS Universitas Negeri Padang yang telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk menunjang Tri Darma perguruan tinggi.

    Direktur PPS Universitas Negeri Padang Prof. Yenni Rozimela, M.Ed, Ph.D, juga mengapresiasi kepada para Alumni S3 Ilmu Lingkungan UNP yang dibimbing Prof. Eri Barlian dan Dr. Indang Dewata, telah berhasil melaksanakan seminar secara daring di masa pandemi  covid-19. "Semoga apa yang disampaikan disini dapat bermanfaat untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat," ujar Prof. Yenni Rozimela yang menutup acara seminar.

    Dr. Linda Handayuni, S.K.M., M.Si selaku panitia dan moderator melaporkan seminar daring ini mendapat animo  cukup besar dari berbagai kalangan. "Tercatat sekitar 400 orang yang mendaftar namun yang berhasil masuk ke link dan mengikuti seminar yang dilakukan secara daring ini hanya sekitar 100-an orang, selain dari Padang, ada yang dari Ambon, dari Malaysia dan berbagai daerah lainnya," ujar Dr. Linda Handayuni.

    Seminar yang dipandu oleh Dr. Linda Handayuni, S.K.M., M.Si selaku moderator ini juga menampilkan beberapa narasumber lain yaitu Dr. Dasrizal,M.P dengan judul paparan “Pengelolaan Hutan Pada Era New Normal”, Dr. Ir. Haryani, M.T dengan judul “Lingkungan Pesisir dan Tata Ruang Era New Normal serta Dr. Mulya Gusman, S.T., M.T dengan judul paparan “Zonasi Air Tanah Dangkal Berdasarkan Electrical Conductivity di Kawasan Pesisir Kota Padang”. Keempatnya merupakan Alumni S3 Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana UNP. [L]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Rembug Alumni UNP Ungkap Perlunya Calon Pemimpin Bervisi Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top