• Latest News

    Kak Pepen: Pramuka Garda Depan Hadapi Pandemi Covid-19

    Sako Persada Nusantara  Dorong Kemandirian Pangan

    Reporter: Agus Wiebowo | Editor: Mahar Prastowo





    LUGAS | Kota Bekasi -
    Bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Gate 8, Hari jadi Praja Muda Karana (Pramuka) ke-59 tahun, diselenggarakkan dengan apel bersama. Wali Kota Bekasi, Kak Rahmat Effendi, atau populer dengan panggilan Pramuka Kak Pepen, yang sekaligus menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicap) Pramuka Kota Bekasi dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Bekasi menjadi pembina apel perayaan hari jadi Pramuka di Kota Bekasi.

    Dalam jargon hari jadi Pramuka ke-59 yakni "Terdepan dan Bergerak", Kak Rahmat Effendi mengatakan bahwa anggota Pramuka harus berani paling depan dalam menghadapi segala jenis wabah maupun bencana sosial. Hal ini merupakan satu semangat bagi kita semua yang menjadi pengurus beserta dewan pembina yang mengenakan baju Pramuka, akan disinergikan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi dan semua organisasi sosial yang tergabung untuk membantu dalam pencegahan pergerakan Covid 19 di Kota Bekasi.

    "Terima kasih kepada seluruh anggota yang aktif dalam proses bantuannya di Kota Bekasi, menjadi garda penolong disaat pandemi ini" ucap Kak Rahmat Effendi.

    Pramuka berada digaris depan, oleh karena itu, demikian Kak Pepen menjelaskan, harus didorong dengan keyakinan yang kuat dan harus bisa bersinergi dengan organisasi sosial lainnya untuk tergabung dalam memerangi pandemi ini di Kota Bekasi. Semua pasti berharap penyebaran wabah ini selesai sesegera mungkin untuk menjadikan hidup kita semua normal kembali

    Wali Kota juga jelaskan mengenai kantor Sekretariat Pramuka Kota Bekasi yang sekarang ini ditempati di samping Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur, yang awalnya telah diusulkan menjadi perpustakaan Kota Bekasi akan tetapi tetap menjadi markas dari Pramuka Kota Bekasi, Walikota berharap tiap kwartir cabang Kecamatan di 12 Kecamatan agar mencari lahan Fasos Fasum untuk sekretariat Pramuka di tingkat Kecamatan.

    "Dalam suasana pandemi ini yang belum bisa dikatakan kelar 100 persen, mari kita bantu sosialisasikan kepada warga Kota Bekasi untuk tetap waspada, dan tetap menjaga jarak kepada orang lain. Agar kita terhindar dari wabah ini. Juga untuk anggota Pramuka Kota Bekasi agar tetap peran aktif sebagai garda depan dalam membantu proses pencegahan wabah virus ini," himbaunya.


    Sako Persada Nusantara Dorong Kemandirian Pangan



    Sementara itu Arif Nurokhim, S.H, Ketua SAKOCAB SPN KOTA TANGERANG secara terpisah mengungkapkan bahwa masa pandemi covid-19 ini ajang untuk Pramuka menunjukkan jatidirinya.

    Arif yang juga pengurus pusat  (Sako Nasional) Sekawan Persada Nusantara, menghimbau kepada Sakoda SPN Provinsi dan Sakocab SPN Kab/Kota dalam masa pandemi Covid-19 melakukan kegiatan kemandirian pangan.



    "Khususnya Pembina/Penegak Pandega seluruh Indonesia dengan budidaya lele sambil menanam sayur-sayuran semisal kangkung, bayam, pokcoi dan lain-lain, buah-buahan, memelihara ayam, enthok, kambing," ujar Arif Nurokhim.

    Arif juga berpesan kepada seluruh Pramuka terutama Sakocab di SPN Kota Tangerang dan juga Sakonas, agar dalam masa pandemi ini semakin meneguhkan diri sebagai seorang Pramuka dengan dapat melaksanakan tekad dan janji pramuka dan Tri Satya dan Dasa Darma.



    "Sebagaimana satya atau janji kedua dalam Tri Satya dimana disebutkan, demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat," terang Arif.

    Pada dasarnya Pramuka telah menjiwai bangsa Indonesia, karena kepanduan atau kepramukaan telah diajarkan dalam pembentukan karakter sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan perguruan tinggi juga.

    Untuk mengingat kembali Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, ini dia selengkapnya.


    Tri Satya


    Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
    Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila;
    Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat;
    Menepati Dasadarma


    Dasadarma

    1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
    3. Patriot yang sopan dan ksatria
    4. Patuh dan suka bermusyawarah
    5. Rela menolong dan tabah
    6. Rajin, terampil dan gembira
    7. Hemat, cermat dan bersahaja
    8. Disiplin, berani dan setia
    9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
    10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

    "Nilai-nilai dalam Tri Satya dan Dasa Darma sangat relevan dalam pembentukan karakter masyarakat dan bangsa Indonesia. Apalagi ditengah pandemi seperti saat ini dimana dibutuhkan jiwa besar untuk tetatp bersabar menghadapi cobaan dengan tetap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta dalam bermasyarakat dan berbangsa harus saling bekerjasama, tolong menolong, saling menyayangi sesama , hidup hemat dan tentunya semua itu dilakukan dengan gembira," terang Arif.

    Menurut Arif, seorang Pramuka hidupnya selalu bergembira, dan dengan kegembiraan itu akan membentuk suasana bahagia, yang mana dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah putus asa dan jatuh sakit.

    Arif mengakhiri perbincangan bersama LUGAS dengan menyapa Pramuka seluruh Indonesia dengan salam khas, "Salam Pramuka!"

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Kak Pepen: Pramuka Garda Depan Hadapi Pandemi Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top