Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Bekasi Lanjutkan Distribusi Paket Sembako untuk Buruh Kena PHK

| 08 Agustus WIB |

LUGAS | Kota Bekasi -  Pemerintah Kota Bekasi secara bertahap masih mendistribusikan bantuan paket sembako untuk buruh. Kondisi terkini masih ada stok bansos sebanyak 1514 paket  sembako bagi pekerja yang terdampak Covid-19 dan terkena Pemutusan Hubungan kerja (PHK).

BPBD mengelola Bantuan Sembako dari pemerintah pusat sesuai kordinasi dengan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bekasi.

BPBD juga berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja untuk menyalurkan ribuan paket sembako lainnya terutama bagi warga terdampak PHK.

Bantuan yang disalurkan beberapa tahap ini, berdasarkan permohonan bantuan sembako oleh Disnaker Kota Bekasi kepada Gugus Tugas untuk warga terkena PHK.

Dari paket sembako sebanyak 1888 paket itu, di tahap awal telah didistribusikan melalui Disnaker pada rentang waktu 3-5 Agustus 2020 sebanyak 374 sembako. Dan sisa 1514 sembako akan didistribusikan untuk warga terdampak PHK melalui Asosiasi Buruh.

Di Kota Bekasi banyak pekerja buruh yang di PHK. Jadi Disnakaer menyerahkan bantuan kepada mereka berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan maupun serikat.




"Pemerintah menyerahkan paket sembako di Kota Bekasi untuk pekerja / buruh yang di PHK , guna meringankan beban mereka. Pemerintah hadir untuk membantu," kata Ika Indah Yarti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi.

Bantuan berupa sembako untuk para pekerja/ buruh tidak ada yang mubazir atau sia-sia.

Ika Indah Yarti mengungkapkan, bantuan tidak ada yang mubazir kerena disalurkan sesuai data dari pihak serikat pekerja yang membantu Disnaker. "Hanya ada beberapa data yang secara kebetulan tidak sinkron setelah tim melakukan verifikasi maupun tim yang menelusuri ke alamat calon si penerima, karena penerimanya sudah pindah alamat dan ada yang pulang kampung," terang Ika.

Meski demikian, Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi bekerjasama dengan serikat kerja, tetap memverifikasi para pekerja yang sudah pulang kampung setelah kena PHK ke daerah asal sekitar wilayah Depok, Bogor dan daerah lainnya.

"Bagi para pekerja yang telah di PHK dan pulang ke tempat asalnya akan dibantu untuk verifikasi kembali dari serikat pekerja agar bantuan tersebut langsung ke tangannya," ujar Ika.

Paket sembako bansos untuk buruh kena PHK ini merupakan alokasi bantuan pemerintah pusat yang diterima Pemkot Bekasi melalui Kementerian Sosial RI sebagai stimulus penanganan Covid-19 di Kota Bekasi. (L)

Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update