• Latest News

    Sedulur Jawa Taliabu Tebar Benih Lele di Hari Kemerdekaan



    LUGAS | Taliabu - Sedulur Jawa Taliabu (SJT) menabur benih lele di beberapa titik sungai dan rawa di Kabupaten Pulau Taliabu, pada hari Minggu (16/08/2020). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75.

    Tebar benih lele ini  menindaklanjuti hasil musyawarah pertemuan rutin SJT yang diadakan bulan juli lalu di kediaman Dr. Agustinus Herimulyanto, S.H, M.H.Li. Dalam pertemuan itu telah disepakati bahwasannya SJT akan membeli bibit lele dan ditabur di beberapa sungai. Bibit lele yang dipesan dari kota tetangga terdekat yaitu kota Luwuk-Banggai, Sulawesi Tengah, itu pun  tiba di Taliabu bertepatan dengan momentum peringatan hari kemerdekaan.


    Baca Juga:
    Sedulur Jawa Taliabu (SJT) Kembali Temu Silaturahmi


    Acara tabur benih lele  dipimpin langsung oleh Ketua Paguyuban Sedulur Jawa Taliabu M. Taufik Hidayat dan dihadiri dewan pembina SJT Dr. Agustinus Herimulyanto, S.H, M.H.Li beserta seluruh anggota SJT.

    Tempat tebar benih lele dipusatkan di tiga lokasi  yaitu depan Pasar Baru Taliabu, Jalan Talo dan  Kali Air Kilong. Tempat-tempat tersebut dinilai cocok untuk perkembangbiakan lele sehingga lele bisa aman dari serangan hewan lain.



    Agustinus pun berpesan kepada anggota SJT supaya selalu ikut andil dalm kemajuan untuk negri ini tanah air kita tanah Indonesia meskipun  hanya dalam hal kecil apalagi untuk kepentingan umum seperti tebar lele. "Mungkin akan bisa bermanfaat di suatu saat nanti" ujar Agustinus.

    Baca Juga:

    Selain itu, hal lain yang juga bermanfaat bagi banyak orang, antara lain SJT selama musim hujan berlangsung ikut membantu membersihkan bak air PDAM yang jika banjir kerap tersumbat pasir. Dengan membantu rutinitas PDAM tersebut,  pekerjaan cepat terselesaikan serta  air bersih cepat mengalir dan bisa digunakan masyarakat banyak.

    "Semoga SJT terus semangat  dan lebih bersemangat dalam meningkatkan  kepedulian untuk ikut memperhatikan kepentingan umum meskipun dalam hal yang kecil atau sepele namun bermanfaat bagi orang banyak. Seperti dalam acara ini, tebar benih lele, juga acara kemarin ikut bantu PDAM. Semoga ini langkah awal kepedulian kita terhadap lingkungan demi kepentingan umum dan dapat dilakukan seterusnya," urai Agustinus.

    Lele yang ditabur di alam bebas diharapkan bisa berkembang biak menjadi banyak dan ada populasi ikan lele sehingga dikemudian hari bisa bermanfaat dan bisa menjadi kenangan khususnya paguyuban SJT. [L]

    Reporter: Bima S | Editor: Mahar P
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sedulur Jawa Taliabu Tebar Benih Lele di Hari Kemerdekaan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top