• Latest News

    Bupati Siak Lantik Bapekam Kerinci Kanan



    LUGAS | Siak - Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si. melantik Anggota Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) Kampung Buatan Baru, Kampung Buana Bhakti, Kampung Kumbara Utama dan Kampung Gabung Makmur, Kecamatan Kerinci Kanan, Rabu (09/09/2020).

    Proses pelantikan dilaksanakan di Gedung serba guna Kampung Buatan Baru. Acara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya, setelah dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan serta penandatanganan pakta integtitas anti narkoba oleh anggota Bapekam yang dilantik berjumlah 6 orang.

    Ikut hadir dalam acara tersebut, Asisten I Kabupaten Siak Budhi Yuwono, Camat beserta Upika Kecamatan Kerinci Kanan, Kepala Desa/Penghulu Kampung se-Kecamatan Kerinci Kanan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Anggota Bapekam, serta Tokoh dan masyarakat Kampung Buatan Baru.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya menyampaikan Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 5 Tahun 2015 yang menjadi dasar hukum pembentukan Badan Permusyawaratan Kampung di Kabupaten Siak.

    "Badan Permusyawaratan Kampung menjadi salah satu bentuk demokrasi pada lingkup kampung yang memiliki wewenang dalam membahas dan menyepakati rancangan peraturan Kampung bersama penghulu. Saudara juga berkewajiban menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan kinerja Penghulu," sebut Alfedri.

    Bupati juga mengatakan bahwa Penghulu sebagai pemimpin dalam menjalankan sistem pemerintahan sangat membutuhkan peran Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam). Sehingga hubungan yang harmonis diantara keduanya harus terjalin dengan baik.

    Bupati juga berpesan agar Anggaran Kampung dipergunakan sebaik-baiknya untuk memberdayakan kesehatan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, namun harus sesuai dengan regulasi yang ada. Alfedri berharap kerjasama yang baik bukan hanya antar pemerintahan kampung dan Bapekam, namun juga dengan tenaga pendamping kampung, yang beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan Rakor guna menyamakan persepsi terkait program dan kebijakan kampung.



    “Pesan saya, agar anggaran kampung dipergunakan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi dan kesehatan, seperti memberdayakan UMKM, meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, serta perindustrian dan perdagangan. Kemudian penyaluran bantuan sosial tepat sasaran, penyediaan sarana kesehatan,sehingga dapat membangun ketahanan ekonomi dan kesehatan masyarakat kampung ditengah pandemi Covid-19, disinilah peran lebih Bapekam diharapkan," tambah Alfredi.

    Bupati Siak juga mengajak kepada seluruh unsur pemerintah kampung untuk bersama-sama mensukseskan program smart city yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak, apalagi dimasa Pandemi saat ini semua aktivitas menggunakan virtual. Menurutnya, kesehatan dan ekonomi merupakan dua hal utama yang harus diwujudkan secara bersama-sama antar unsur pemerintahan serta seluruh masyarakat kampung.

    “Mari kita jaga kesehatan, terutama penerapan protokol kesehatan harus terus kita laksanakan, sehingga dengan kita sehat,akan mampu berkarya dan produktif menuju kampung yang mandiri," pungkas Alfredi.





    Reporter: Abdul Rozak | Editor:  Taufik
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Bupati Siak Lantik Bapekam Kerinci Kanan Rating: 5 Reviewed By: Taufik sf
    Scroll to Top