• Latest News

    Cegah Klaster Pilkada, Polda Sumbar Gandeng KPU Gelar Deklarasi Patuh Protokol Kesehatan



    LUGAS | Padang – Polda Sumbar bekerjasama dengan KPU Sumbar mengadakan acara Deklarasi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Menuju Pemilihan Serentak 2020 Yang Aman, Damai Dan Sehat. Acara tersebut berlangsung di Ball Room Hotel Grand Zuri Padang, Kamis (10/09).

    Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mendukung sepenuhnya protokol kesehatan setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Hal ini ditandai dengan penandatanganan pernyataan sikap oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. dalam mendukung dan patuh terhadap Protokol Kesehatan, dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 pada setiap tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020, serta mewujudkan Pilkada Badunsanak, Aman, Damai, Sejuk dan Sehat. Penandatangan juga diikuti oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Bawaslu, pasangan Cagub-Cawagub dan Partai Pengusung serta tokoh-tokoh masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

    Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Toni mengatakan, dengan menjaga diri-sendiri dalam mengantispasi penyebaran Covid-19, akan berimbas pada penjagaan pada orang lain, sehingga pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dapat dilakukan, dan Pilkada tidak menjadi klaster baru.

    "Kami mendukung Pilkada bebas dari penularan Corona, dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan, diantaranya memakai masker, cuci tangan serta menjaga jarak," ujar Irjen Toni.



    Dalam kesempatan tersebut Kapolda dan Ketua KPU Sumbar Amnasmen juga secara simbolis membagikan masker pada peserta yang hadir, sehingga menandakan bahwa Pilkada serentak tahun 2020 ini harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

    Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar, KPU dan Bawaslu Sumbar, LKAAM Sumbar, pasangan Cagub-Cawagup (diwakili), partai pengusung pilkada, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.

    Pengurus Harian Senkom Mitra Polri Provinsi Sumatera Barat Anton Iqmal, S.Kom. yang turut menghadiri ini memberikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini.

    "Atas nama Senkom Sumbar, kami sangat apresiasi diadakannya acara ini, ini menunjukkan komitmen Polda Sumbar, penyelenggara pemilu dan peserta Pilkada serta masyarakat untuk sama-sama menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sehat demi mencegah penyebaran covid-19 yang akhir-akhir ini kembali meningkat tajam," jelas Anton.



    "Jangan sampai gelaran Pilkada nantinya malah menimbulkan Klaster baru dalam penyebaran virus corona ini. Kita harapkan Polda, KPU dan Bawaslu serta intansi terkait lainnya melakukan pengawasan yang ketat saat kampanye nanti dan kepada para peserta Pilkada juga diharapkan komitmennya untuk dapat mengontrol pengerahan massa saat kampanye nanti sehingga tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan," tutup Anton.




    Reporter: Riki | Editor: Taufik
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Cegah Klaster Pilkada, Polda Sumbar Gandeng KPU Gelar Deklarasi Patuh Protokol Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Taufik sf
    Scroll to Top