• Latest News

    Polda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah IV



    LUGAS | Solok - Sebagaimana diketahui, Pokdar Kamtibmas merupakan organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri, dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan perkara tindak pidana ringan (Tipiring).

    Bertempat di Gedung Kubung Tigo Baleh Kota Solok, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. didampingi Dirbinmas Kombes Pol. Drs. Johni Soeroto mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Wilayah IV pada Selasa (22/09).

    Pokdar Kamtibmas wilayah IV sendiri terdiri dari Pokdar Kamtibmas yang dibentuk oleh lima Polres di wilayah hukum Polda Sumbar, yakni Polres Kota Solok, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.

    Turut hadir Pejabat Utama Polda Sumbar, Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar Triski, para Kapolres, Walikota, Bupati beserta perwakilan unsur Forkopimda yang tergabung dalam Pokdar Kamtibmas Wilayah IV, Ketua Senkom Kota Sawahlunto
    Dedy Salman, S.H., M.H., Ketua Senkom Kabupaten Solok Arosuka Edi Indra, Ketua Senkom Kabupaten Sijunjung Noviandi, dan Wakil Ketua Senkom Kabupaten Dharmasraya Sugito.

    Dalam sambutannya Kapolda Sumbar mengatakan, dengan pengukuhan Pokdar Kamtibmas di wilayah ini, nantinya bisa berperan membantu Polri khususnya di wilayah hukum Polda Sumbar dalam menjaga situasi kamtibmas ditengah situasi pandemi Covid-19.

    “Pokdar Kamtibmas juga dapat membantu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat terutama menjelang Pilkada 2020 ini,” ucap Irjen Toni.



    Sementara itu Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Sumatera Barat Triski dalam sambutannya mengatakan, berkenaan dengan Pilkada serentak Sumbar 2020 nanti diharapkan Pokdar Kamtibmas dapat turun serta dan menjadi tokoh dalam pengamanan dan memelihara Kamtibmas dalam Pilkada.

    "Semoga pada hari pemilihan nanti setiap TPS ada anggota Pokdar Kamtibmas, sehingga bisa ikut berpartipasi dalam pengamatan, pengawasan dan pengamanan jalannya hari pencoblosan," ujar Triski.

    Adapun Pokdar Kamtibmas Wilayah IV yang dilantik antara lain: H. Evy Elianto sebagai Ketua Kota Solok, Jon Firrman Pandu sebagai Ketua Kabupaten Solok, H. Jaswandi, S.E., sebagai Ketua Kota Sawahlunto, April Marsal, S.Pd., sebagai Ketua Kabupaten Sijunjung dan M. Dani Dt. Rajo Malano, S.E., sebagai Ketua Kabupaten Dharmasraya.

    Ketua Pokdar Kamtibmas Kota Solok H. Evy Elianto, S.H. mengharap semua pihak mendukung tugas Pokdar Kamtibmas, agar dapat membantu tugas Polri dimasyarakat.

    "Alhamdulillah selesai sudah acara pengukuhan pengurus Pokdar Wilayah IV ini. Kami mengharapkan dukungan semua pihak. Insya Allah kami akan bahu-membahu dengan semua pengurus untuk mejalankan tugas dalam meyelesaikan masalah di masyarakat. Kami juga harapkan kerjasama antar pengurus Pokdar Kabupaten/Kota se-Sumbar serta pengurus Pokdar Provinsi, karena kita semua tentu harus sejalan seiringan dan tidak menutup kemungkinan juga kedepan akan kita temukan ada masalah masyarakat lintas wilayah yang nanti tentunya akan membutuhkan kerjasama kita semua dalam membantu penyelesaiannya," tutur H. Evy Elianto, S.H. yang juga merupakan Ketua Senkom Mitra Polri Kota Solok.



    H. Evy juga mengatakan, bahwa dalam pengurus Pokdar ini terdapat perwakilan tokoh dan kelompok mayarakat termasuk dari Senkom Mitra Polri.

    "Sesuai Surat Instruksi Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri tanggal 1 Juli 2020 yang ditandatangani Ketua Umum H. Katno Hadi, S.E., bahwa seluruh anggota Senkom harus aktif membantu mensukseskan dan bergabung dalam kegiatan Pokdar Kamtibmas di wilayahnya masing-masing," tutup H. Evy.




    Reporter: Riki | Editor: Taufik
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Polda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah IV Rating: 5 Reviewed By: Taufik sf
    Scroll to Top