• Latest News

    Polda Sumbar Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kepada Komunitas Masyarakat



    LUGAS | Padang - Kakorbinmas Baharkam Mabes Polri Irjen. Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K. hari ini memimpin langsung Vicon (Video Conference ) dengan seluruh jajaran Ditbinmas - Satbinmas seluruh Polda dan Polres se Nusantara. Acara ini merupakan tindak lanjut dalam rangka menyikapi situasi saat ini dimana terjadi peningkatan yang significan atas jumlah korban yang terpapar Covid-19 bahkan yang sampai meninggal dunia, Kamis (17/09/2020).

    Dalam paparannya Kakorbinmas mengatakan, perlunya dilakukan upaya meningkatkan kesadaran/kedisiplinan masyarakat terhadap implementasi protokol kesehatan. 

    "Untuk itulah dalam Vicon ini mengundang dan melibatkan perwakilan komunitas Mitra Polri seperti Pokdar Kamtibmas, KBPPP,  FKPPI, Senkom Mitra Polri,  Komunitas Seni dan Budaya, Ojek Online/Pangkalan, Komunitas Agama, Adat dan komunitas-komunitas lainnya agar dapat terwujudnya percepatan kesadaran kolektif berbasis komunitas dan untuk menyamakan langkah Polri bersama masyarakat untuk penanganan pencegehan penyebaran Covid-19 ini," ujar Irjen Risyapudin. 

    Polda Sumatera Barat menggelar Vicon ini di Ruang Vicon Polda Sumbar dan dihadiri langsung Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Drs. Johni Soeroto, Wadirbinmas AKBP Zamroni Wibowo, S.I.K., M.H., Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar Triski, Ketua Senkom Mitra Polri Sumbar H. Noer Hidayatullah, serta tampak juga hadir dari Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, FKPPI, KBPPP, serta perwakilan komunitas masyarakat lainnya yang ada di Sumatera Barat.

    Setelah Vicon dengan Kakorbinmas, untuk menindaklanjuti Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol. Drs. Johni Soeroto melanjutkan acara diskusi komunitas di ruang pertemuan Ditbinmas Polda Sumbar. Dalam arahannya Dirbinmas menyampaikan, bahwa jajaran Polda Sumbar dalam waktu dekat ini akan melakukan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan Perda Provinsi Sumbar No.15 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pelaksanaan Protokol Kesehatan. Perlu disadari pandemi Covid-19 ini benar-benar menyerang dan menghancurkan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, pendidikan yang kesemuanya itu mengganggu kehidupan normal kita.

    "Saat ini ada program pemerintah mengenai Kampung Tangguh Nusantara dan itu telah disambut Kapolri dan dijadikan program Polri seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek se-Indonesia. Untuk di Sumatera Barat ini diakomodir menjadi program dengan nama Nagari Tageh Rumah Gadang dimana diseluruh wilayah jajaran Polda Sumbar sudah terdapat 120 Nagari Tageh dengan sasaran tujuan mencapai: Tageh Pangan, Tageh Kesehatan, Tageh Keamanan, Tageh Sosial Ekonomi dan Tageh Informasi dan Kreativitas dengan mengedepankan kearifan lokal," ujar Kombes Johni.

    Hari ini dalam situasi pandemi Covid-19 ini tantangan untuk mewujudkan Kampung Tangguh/Nagari Tageh ini semakin berat, sebagai contoh untuk mewujudkan "Tangguh/Tageh Keamanan" bukan hanya keamanan dari kejahatan dan tindak kriminal, tetapi saat ini sudah ada ancaman keamanan lainnya dimana Covid-19 ini sudah menyerang rasa aman kita, rasa aman kita dari gangguan kesehatan, rasa aman kita dari gangguan perekonomian, rasa aman kita dari gangguan kelaparan, rasa aman kita dari gangguan kebodohan karena sekolah-sekolah banyak diliburkan diganti dengan sekolah daring yang mana tidak maksimal hasilnya dan gangguan-gangguan lainnya dalam kegiatan keagaman dan kebudayaan yang tidak bisa berlangsung optimal karena semua harus dibatasi," tambah Kombes Johni.



    "Oleh karena itu kita harapkan bantuan dan kebesaran hati dari kita semua komunitas yang hadir hari ini untuk membantu Polri dalam sosialisasi pendisiplinan pelaksanaan adaptasi kehidupan baru selama masa pandemi ini dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan serta dapat mewujudkan Kampung Tangguh/Nagari Tageh di wilayahnya masing-masing dengan juga menambahkan satu tujuan lagi yaitu mewujudkan Kampung Tangguh Keimanan/Nagari Tageh Keimanan sesuai program tambahan dari Ditbinmas Polda Sumbar. Dalam program Kampung Tangguh/Nagari Tageh ini masing-masing pemerintah desa/nagari kita harap jika memungkinkan supaya dapat memberikan bantuan dengan mengalokasikan dana desa untuk kegiatan Posko Kampung Tangguh/Nagari Tageh di wilayahnya masing-masing," tutup Dirbinmas.

    Ketua Senkom Sumbar H. Noer Hidayatullah yang mengikuti langsung kegiatan ini kepada media mengatakan, program Kampung Tangguh/Nagari Tageh ini sudah sejalan dengan program PP Senkom selama ini dan ini sudah Senkom Sumbar terapkan dilingkungan tempat tinggal jajaran Senkom se Sumbar.

    "Senkom siap bersinergi dengan Polda Sumbar dan jajaran bersama komunitas lainnya untuk sama-sama mewujudkan Kampung Tangguh/Nagari Tageh ini terutama dalam masa pandemic Covid-19 ini yang entah kapan akan berakhirnya. Dengan kemandirian yang menjadi tujuan Kampung Tangguh/Nagari Tageh tersebut mudah-mudahan dampak nya dapat bermanfaat untuk masyarakat umum sehingga dapat dengan tangguh melalui masa pandemi Covid-19 ini," ujar H. Noer Hidayatullah.




    Reporter: Riki | Editor: Taufik
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Polda Sumbar Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kepada Komunitas Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Taufik sf
    Scroll to Top