• Latest News

    Tank TNI Berusia 60 Tahun Tabrak Gerobak Pedagang dan 4 Sepeda Motor


    LUGAS
    | Bandung
    - Sebuah Tank jenis AMX-13 versi Canon 105 mm milik Batalyon Kavaleri 4 menabrak dan melindas gerobak serta 4 (empat) unit sepeda motor di  di Rajamandala Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9).

    Peristiwa terjadi saat Tank tersebut melakukan manuver berbelok saat rombongan tank tengah melakukan latihan ST atau siap tempur di Bandung Barat. Latihan itu sendiri dimulai sejak 8 September 2020.

    "Benar kejadiannya kecelakaan ranpur tank dari Yonkav 4 yang sedang melaksanakan latihan ST (Siap Tempur, red) tingkat kompi," ujar Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf. FX. Sri Wellyanto kepada media.

    Welly mengatakan Pomdam III Siliwangi melakukan penyelidikan guna mendapatkan kesimpulan apakah itu human error atau masalah teknis.

    Tank AMX-13 merupakan tank ringan berawak tiga orang buatan Atelier de Construction d'Issy les Moulineaux (AMX), Perancis.

    Indonesia membeli Tank AMX-13 di awal tahun 1960an sebanyak 400 unit. 275 unit di antaranya adalah versi kanon 75 mm dan 105 mm. AMX-13 memiliki panjang 6,36 meter, lebar 2,51 meter dan tinggi 2,30 meter dengan bobot kendaraan  mencapai 14,5 ton.

    Gugus kendaraan Tank AMX-13  yang telah berusia 60 tahun itu masih aktif digunakan oleh Batalyon Kavaleri TNI AD di  beberapa Kodam. Pada tahun 2011 sebagian telah dilakukan retrofit. Proses modifikasi dan upgrade dilakukan oleh PT Pindad. 

    Reporter: Dhany Aditya 
    Editor: Mahar Prastowo
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tank TNI Berusia 60 Tahun Tabrak Gerobak Pedagang dan 4 Sepeda Motor Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top