• Latest News

    Panen Raya Ditengah Pandemi, Gubernur Sumsel Janjikan 1000 Petugas Penyuluh Pertanian



    LUGAS
    | Banyuasin
    - Gubernur Sumsel dan Bupati Banyuasin Panen Raya di lahan seluas 500 hektar bersama para petani di desa Teluk Tenggulang kecamatan Tungkal Ilir Banyuasin  Sumatera Selatan, Sabtu (03/10/2020). Terungkap, Banyuasin lumbungan pangan urutan ke-4 nasional. Gubernur janjikan akan sebar 1000 petugas penyuuh pertanian.

    Untuk sampai di lokasi, Gubernur Sumsel Herman Deru yang didampingi Askolani selaku Bupati Banyuasin, serta Ketua DPRD Kab. Banyuasin dan Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil Banyuasin, harus menggunakan 3 (tiga) moda transportasi berbeda. Dari Palembang Gubernur menggunakan Helikopter, dilanjutkan perjalanan darat selama 30 menit, dan disambung lagi menggunakan sepeda motor.

    Sampai di  lokasi Panen Raya Herman Deru beserta rombongan disambut oleh para petani yang menunggu sejak pagi.



    Kepada Gubernur dilaporkan oleh Bupati Banyuasin Askolani, S.H,M.H., bahwasanya saat ini dengan hasil gabah kering mencapai 6,2 ton perhektar dalam satu kali panen setahun, Kabupaten Banyuasin menduduki peringkat  ke-4  lumbung pangan  nasional.

    Kedepanya jika dengan hamparan lahan yang luas serta dua kali panen dalam setahun, bupati  yakin  Banyuasin mampu menjadi urutan pertama lumbung pangan nasional.

    "Panen raya tahun ini hasilnya melimpah ruah dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Bupati Askolani bangga.

    Askolani selaku Bupati Banyuasin memiliki visi dan misi menjadikan daerahnya sebagai lumbung pangan nasional. Hal itu diwujudkan dengan semboyan PETANI BANGKIT guna menjadikan Banyuasin sebagai pilar utama penyangga pangan nasional dalam program ketahanan pangan.

    Herman Deru sebagai gubernur berusaha terus  mendorong tumbuh kembangnya sektor pertanian di Sumsel. "Karena dengan demikian akan dapat menurunkan angka kemiskinan secara signifikan,"  katanya.

    Untuk itu, agar kedepan  lebih meningkat lagi hasil pertanian di Sumsel, gubernur  menyiapkan 1000 orang petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang akan turun langsung di lapangan.

    "Sektor pertanian merupakan potensi yang perlu dipertahankan dan ditumbuh kembangkan, yang  merupakan arwah yang akan mampu mendorong produksi pangan sekalligus mampu menjaga ketahanan pangan di Sumatra Selatan," ujar Herman Deru.

    Penyelenggaraan Panen Raya ini dipersiapkan selama kurang lebih 2 bulan dengan keterlibatan para pihak terkait seperti Sumanto selaku anggota DPRD Kabupaten Banyuasin beserta segenap tokoh  masyarakat tungkal ilir, terutama para kepala desa setempat yaitu Erpendi selaku Kades Teluk Tenggulang, Sahid Kades Suka Raja, dan Sucipto Kades Suka Mulia beserta para petaninya.



    Iptu Hendri, S.H selaku Kapolsek Tungkal Ilir mengatakan pihaknya juga tidak bekerja sendiri dalam mengamankan acara, melainkan bersama dengan TNI dan dibantu masyarakat seperti :Linmas, Banser dan Senkom Mitra Polri.

    Reporter: Mulyono | Editor: Mahar Prastowo


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Panen Raya Ditengah Pandemi, Gubernur Sumsel Janjikan 1000 Petugas Penyuluh Pertanian Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top