Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Festival Kuliner Pesantren Motivasi Indonesia Usung Tema Santri Mandiri Indonesia Maju

| 17 Oktober WIB |




LUGAS | Kabupaten Bekasi - Pesantren Motivasi Indonesia mengadakan festifal kuliner sebagai bentuk kepedulian pesantren dalam kemajuan ekonomi dimasa pandemi COVID-19. Bertempat di Pondok Pesantren Motivasi, Jalan Istana Yatim, RT. 003, RW. 001, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Bekasi Kabupaten pada Sabtu (17/10/2020). Acara dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan festival pesantren yang memperkenalkan produk-produk kreatif para santri, dihadiri sejumlah tokoh  dan perwakilan pemerintah seperti Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kabid Dinsos Pemda Jawa Barat, Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementrian RI  Prof. DR. Muhammad Ali Ramdhani, Staf khusus Menteri Agama RI 
Bidang Organisasi Kemasyarakatan, Sosial Keagamaan dan Komunikasi Publik H. Kevin Haikal. S.H., Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi H.Sobirin beserta jajaran, Kapolsek Setu AKP Dedi Herdiana, perwakilan Kecamatan Setu, Perwakilan MUI Kabupaten Bekasi, perwakilan dinas pariwisata Kabupaten Bekasi, para tokoh ulama, para pengusaha Kabupaten Bekasi, serta para pendiri Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi dan sejumlah ormas.

"Didalam acara ini Pondok Pesantren Motivasi mempunyai gagasan untuk mempertahankan finasial. Dimasa pandemi COVID ini banyak yang mengalami kesulitan dalam finansial, disini kita mengajak para santri untuk berwirausaha guna menambah pemasukan finansial, disini kita mengajak para santri untuk berkreatifitas dengan membuat sesuatu yang bisa bermanfaat," tutur Ustad Ardiansyah selaku Ketua Panitia.

"Apa lagi Pondok pesantren yang santrinya tinggal disini, kita harus bangkit dari keterpurukan ini, dengan cara kita harus memproduksi suatu produk yang bisa menghasilkan," tambah Ust. Ardiansyah.

Diterangkan Ardiansyah, Pondok Pesantren Motivasi  sudah membuat produk berupa sabun, dan produk unggulan  minuman kekinian  Kopi Santri yang memakai kopi robusta. "Nah, semua itu sudah kita produksi tinggal cara pemasarannya, maka dari itu, kita meminta bantuan pengasuh pondok pesantren motivasi K.H. Ahmad Nurul Huda," terang Ardiansyah.

K.H. Ahmad Nurul Huda yang biasa disapa Ayah Enha menuturkan, festival kuliner pesantren ini pertama kali yang diadakan oleh Pondok Pesantren Motivasi. Tujuannya membuktikan pesantren itu adalah lembaga yang multi talenta, "bukan saja hanya bisa mengaji tetapi pesantren bisa memasak, berdagang dan sebagainya, kepesertaan kami juga sudah ada sekitar 100 perwakilan dari pesantren yang ada di Kabupaten Bekasi, tapi yang menghadirkan produknya baru sekitar 12 pesantren," ujar Ayah Enha.

Festival Kuliner menjadi pilihan karena kluliner  menjadi sektor usaha 
yang paling banyak dipilih dan jadi perbincangan dimasa pandemi COVID-19. "Selain itu kita juga membuat produk untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti kita membuat otomatic wastafel portabel, jadi wastafel cukup dengan menjulurkan tangan saja nanti sabun dan airnya keluar sendiri, ini adalah suatu bentuk inovasi kami dalam kepedulian terhadap COVID-19," terang Ayah Enha.



Sementara itu Dirjen Pendidika Islam Kemenag RI Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani menegaskan bahwa pesantren bisa menjadi sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencetak insan-insan yang mumpuni, yang memiliki keimanan kuat dan memiliki daya saing yang tangguh dalam kehidupan, "untuk mensupport kegiatan pesantren, kita menyiapkan dana hampir 2,6 trilun rupiah dan itu wujudnya adalah bentuk bantuan langsung kepada pesantren. Kita juga mensupport dan memberikan apresiasi dalam acara ini," ujar Dirjen.

Ayah Enha juga berharap  kepada pemerintah baik ditingkat daerah, propinsi maupun pusat agar melirik ke pesantren, "kami tidak meminta bantuan yang sifatnya konsumtif, tapi kami butuh spirit atau motifasi supaya teman-teman yang memiliki multi talenta ini bisa di fasilitasi untuk pelatihan, pendampingannya sampai dengan kemampuan menjual, karena salah satu keluhannya adalah kami bisa memproduksi tapi kami mengalami kesulitan sulit untuk penjualan," pinta Ayah Enha.

Kontribusi pesantren juga diapresiasi oleh  H. Kevin Haikal selaku Staf Khusus Menteri Agama yang mengatakan bahwa tidak dipungkiri kontribusi pesantren terhadap negara sangat besar, bahkan sejak masa perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

Disamping itu
, keberpihakan, kehadiran, dan perhatian negara terhadap pesantren juga semakin hari semakin bertambah. Hal ini memuncak di era Presiden Joko Widodo, seiring ditetapkannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sejak tahun 2015 dan disahkannya UU No 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

"Ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi dunia pesantren. Peluang karena pendidikan pesantren kini sudah mendapat rekognisi dari negara, baik dalam bentuk pendidikan diniyah formal maupun penyetaraan (muadalah). Pendidikan diniyah formal juga sudah lengkap, dari jenjang ula (setingkat MI), wustha (setingkat MTs), 'ulya (setingkat MA), bahkan hingga Ma'had Aly (PTKIN).

Namun, rekognisi negara juga menjadi tantangan bagi pesantren. Lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia ini harus bertransformasi sesuai perkembangan zaman. Masyarakat pesantren harus mampu menjawab persoalan masyarakat global masa kini dan perkembangan teknologi informasi. Santri harus bisa ikut mengambil peran sebagai warga dunia. Karenanya, selain tafaqquh fid-din (penguasaan ilmu agama), santri juga harus punya keahlian kompetitif dalam menghadapi kehidupan dunia. Dengan begitu, santri bisa bersaing tidak kalah dengan lulusan pendidikan lainnya dan tidak dipandang sebelah mata.

"Saya mengapresiasi pendekatan metodologi pembelajaran Pesantren Motivasi Indonesia, Yayasan Istana Yatim Nurul Mukhlisin. Sebab, selain belajar ilmu agama, santri di pesantren ini juga dilatih keterampilan dan keahlian. Mulai dari barista coffee, hidroponik, ternak lele, bahasa Inggris, bahkan sampai membuka santri mart untuk pemberdayaan pesantren," tutur 
H. Kevin Haikal seraya mengungkapkan ciri khas dunia pesantren yakni kemandirian, keikhlasan, kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi.

Apresiasi juga datang sari Sri Sugiarti yang merupakan Ketua Himpunan pengusaha Nahdliyyin Kabupaten Bekasi. "Pesantrean motivasi ini melakukan sesuatu yang luar biasa, yaitu memproduksi sendiri oleh santri sendiri, ini sangat baik untuk nanti bisa mengeksplor lagi produk-produk yang di produksi pondok pesantren," ujar  Sri Sugiarti.

Reporter: Agus Wiebowo | Editor: Mahar Prastowo

PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update