• Latest News

    Tarisya Aulia Monoarfa, Spesialis Juara FLS2N Ingin Go Internasional Jadi Penari Profesional



    LUGAS | Pendidikan & Seni Budaya - Menjadi penari profesional dan bisa go internasional adalah cita-cita Tarisya Aulia Monoarfa atau akrab dipanggil Icha. Gadis cantik kelahiran 17 tahun silam putri  kedua pasangan Ronny Monoarfa dan Nurlaila Limonu. Saat ini Icha duduk di bangku kelas XII SMA Negeri 3 Kota Gorontalo

    Dari Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA selalu menjuarai ajang prestasi tahunan siswa yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, FLS2N - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Tak ayal, iapun seolah jadi spesialis juara FLS2N.



    Sebagai sebuah manifestasi dari keindahan, kesenian tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia. Berbagai karya seni pun diciptakan, bahkan mulai banyak bermunculan sanggar–sanggar seni. Tidak hanya itu, kesenian juga sudah masuk menjadi mata pelajaran siswa di berbagai sekolah. Tidak sedikit pula siswa-siswi yang tertarik menggeluti bidang kesenian tersebut, sebagai cara untuk mengekspresikan diri dan bakat yang dimiliki.

    Mewarisi darah seni dari sang ayah, dara  asal Gorontalo ini dalam dunia seni tari tidak diragukan lagi. "Alhamdulillah mewarisi darah seni dari ayah, makanya sejak kecil sudah terbiasa tampil di depan banyak orang seperti menjadi presenter cilik dan menyanyi saya tidak canggung lagi," tutur Icha.

    Lihat saja penampilannya yang diunggah Channel Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Gorontalo di bawah ini.


    Bakat dan minat Icha pada seni sudah nampak dari usia dini, bahkan sejak usia PAUD telah menjadi Bintang PAUD dan presenter cilik dalam sebuah acara bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan kala itu, Dr. Mutia Hatta.

    Memasuki usia Sekolah Dasar (SD) kelas 3 (tiga) dan semakin intens di kelas 4 (empat), Icha sudah mengikuti lomba FLS2N Vokalia Tingkat Nasional di Lombok (NTB), dan lomba FLS2N Vokalia Tingkat Nasional di Medan mewakili Provinsi Gotontalo.

    Di kelas 5 SD, Icha meraih Runner Up 1 Bintang Vokalia tahun 2013 di Jakarta dengan juri Arzeti Bilbina, aktris dan anggota DPR RI.

    Di Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP), di kelas VIII Icha mendapatkan Juara 1 Nasional lomba FLS2N Vocal Grup mewakili Provinsi Gorontalo.

    Kemudian di kelas IX ia mulai menggeluti seni tari, dan debut pertamanya di bidang seni tari ini ketika ia mewakili Kota Gorontalo pada iven Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI)  di Kota Malang Jawa Timur 18-20 Juli 2017.

    Merasa mampu dan ada kesempatan di bidang seni tari, Icha semakin  memperdalam seni tarinya di Sanggar Tari Makuta yang populer sebagai Sanggar seni tari tradisional Gorontalo, tari modern, vocal dan modelling. Icha beruntung, ia dibimbing koreografer terbaik Gorontalo  Feri Fadli Polontalo.


    Memasuki jenjang SMA, ia tak berhenti mengukir pretasi, di kelas X Icha mencatatkan prestasi Lomba Menari Berpasangan pada iven FLS2N 2019 dengan menjadi Juara 1 Tingkat Kota Gorontalo, dan Juara 1 Tingkat Provinsi Gorontalo.

    Begitu juga di kelas XI, Icha kembali mengikuti  lomba menari di ajang FLS2N yang merupakan ajang berprestasi pelajar yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan. Pada ajang FLS2N 2019 ini Icha menjuarai lomba menari Tingka Kota, begitu juga di tingkat provinsi ia sabet juara 1 dan lagi-lagi menyabet juara 1 di tingkat nasional.


    Dengan sederet prestasinya itu, Icha menjadi salah satu remaja berprestasi yang berhasil mengharumkan nama sekolah dan daerah di kancah nasional khusus dalam bidang seni  tari. Ia berharap bisa menjadi penari profesional dan tampil di mancanegara mewakili Indonesia.

    "Harapan kedepan saya bercita-cita ingin menjadi penari profesional agar bisa tampil di manca negara mewakili negeri tercinta Indonesia," ujarnya.

    Atas semua prestasi yang ia raih itu, Icha berterimakasih kepada kedua orangtuanya  yang selalu memberikan dukungan dan motivasi. Begitu juga terimakasih kepada para pembimbingnya baik di sanggar maupun para guru sekolahnya.

    Bagi Icha, pencapaian prestasinya juga menjadi bukti bahwa  para pelajar di Provinsi Gorontalo juga memiliki potensi dan bisa bersaing di tingkat nasional.

    Biografi

    Nama                 Tarisya Aulia Monoarfa 
    Panggilan           : Icha
    Orangtua            :
    Ronny Monoarfa & Nurlaila Limonu
    Alamat               : SMA Negeri 3 Kota Gorontalo.



     





    Reporter: Kusmayadi
    Editor: Mahar Prastowo

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tarisya Aulia Monoarfa, Spesialis Juara FLS2N Ingin Go Internasional Jadi Penari Profesional Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top