• Latest News

    Ketua Umum GAPMMI Klaim Minat Investor Bertambah Tinggi Setelah UU Cipta Kerja Diteken



    LUGAS
    | Jakarta -
    Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman, mengklaim minat investor bertambah tinggi setelah Presiden Joko Widodo meneken Undang-undang Cipta Kerja yang pada Oktober lalu disahkan oleh DPR. Sebab, beleid itu dianggap memberikan kepastian bagi penanam modal.

    Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, Adhi mengakui banyak investor yang menanyakan potensi investasi di dalam negeri. Adhi juga menyebut baru saja memperoleh telepon dari pengusaha Swedia.

    Dia bercerita, pengusaha ini berminat membuka pabrik susu di Indonesia. Beberapa bulan lalu, ada pula pengusaha awal Taiwan yang menyatakan niat ingin membuka pabrik gula di Tanah Air kepada Adhi. Adhi tidak mendetailkan nama-nama perusahaan tersebut.

    Namun, dia menekankan bahwa potensi negara untuk mendatangkan pemodal asing sangat besar. Untuk mendulang rencana investiasi, ia menilai perlu ada upaya dari pemerintah untuk memberikan fasilitas-fasilitas tertentu.

    Sebab, jika investasi masuk, Indonesia diuntungkan karena lapangan kerja di dalam negeri semakin terbuka. “Ini juga akan menambah devisa dan memberikan nilai tambah,” ucapnya.

    Sementara itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani mengatakan seribu perusahaan Amerika Serikat akan mencabut investasinya dari Cina dalam waktu dekat. Momentum ini dianggap menjadi kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk mengambil peluang relokasi industri.

    “Mereka tidak mau rantai pasok dunianya terkonsentrasi di Cina,” ujar Rosan sebagaimana diungkapkan Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Sung Yong Kim.

    Tak hanya Amerika, menurut Rosan, negara-negara lain di Uni Eropa dan Asia juga menyatakan niat serupa. Jepang, misalnya, akan memberikan insentif bagi entitas yang akan hengkang dari Cina. [*]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Ketua Umum GAPMMI Klaim Minat Investor Bertambah Tinggi Setelah UU Cipta Kerja Diteken Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top