Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Sebanyak 20.068 Kotak Amal Sumber Dana Terorisme Jamaah Islamiah Diamankan Polri



LUGAS
| Jakarta
- Polisi berhasil mengungkap modus, dana terorisme kelompok Jamaah Islamiah (JI) yang menggunakan kotak amal di lokasi umum. Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, SIK, M.Si., Kamis (17/12/2020)  menyebut pihaknya juga  menandai ciri-ciri kotak amal yang diduga menjadi sumber dana terorisme.

Dari segi bentuknya, kata Argo, untuk wilayah Jakarta, Lampung, Malang, Surabaya, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang kotak amal terbuat dari kotak kaca dengan rangka alumunium.

“Kotak kaca dengan rangka kayu untuk wilayah Solo, Sumut, Pati, Magetan, dan Ambon,” ujar Argo.

Pada kotak amal tersebut dilampirkan nama yayasan dan contact person pengurus yayasan, sehingga bagi yang ingin memberi amal secara langsung dapat menghubungi pengurus yayasan tersebut.

Untuk lebih meyakinkan bahwa kotak amal tersebut resmi tidak diketahui pemerintah, pada kotak amal tersebut lampiran nomor SK Kemenkumham, nomor SK Baznaz, dan SK Kemenag, juga majalah yang berisi program yayasan.

“Di dekat kotak dilemparkan majalah yang menggambarkan program-program yayasan," ujar Argo yang mengaku memiliki pengalaman spiritual bermimpi dibawa malaikat dan bertemu Yesus.

Kotak amal lebih banyak ditempatkan di warung makan konvensional untuk memudahkan perizinan.

“Penempatan kotak amal yang besar (banyak, red) di warung-warung makan konvensional karena tidak perlu izin khusus dan hanya meminta izin dari pemilik warung yang biasanya bekerja di warung tersebut,” kata Argo.

Berdasarkan peta polisi, berikut jumlah sebaran kotak amal tersebut:

Sumut 4.000 kotak
Lampung 6.000 kotak
Jakarta 48 kotak
Semarang 300 kotak
Pati 200 kotak
Temanggung 200 kotak
Solo 2.000 kotak
Yogyakarta 2.000 kotak
Magetan 2.000 kotak
Surabaya 800 kotak
Malang 2.500 kotak
Ambon 20 kotak.

Jumlah total kotak amal tersebut mencapai 20.068 buah.

Posting Komentar

0 Komentar