Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pokdarkamtibmas Bhayangkara Tetap Aktif Dimasa Pandemi



LUGAS | Kota Bekasi  - Di tengah kondisi saat ini dimana semua merasakan dampak dari pandemi Covid-19, tentu dibutuhkan peran lebih dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara.

Hal ini disampaikan Dedy Rudyanto, bendahara Pokdarkamtibmas Bhayangkara sektor Bekasi Selatan di rumahnya di RW 013 Pondok Surya Mandala, Bekasi Selatan.

“Peran akttif pokdar sangat dibutuhkan saat ini. Kita melihat situasi pandemi yang mana semua terkena dampaknya. Dalam kamtibmas sendiri peran pokdar sangat jelas, seperti apabila ada acara-acara seperti kunjungan polri, pokdar selalu ikut dalam membantu pengamaman, mengondisikan area parkir para tamu, ikut membantu kerapian berlangsungnya acara dan lain-lain.



"Kordinasi pokdar  dengan kepolisian setempat juga berlangsung lancar. Apabila ada masalah-masalah di masyarakat pokdar selalu dilibatkan termasuk di masa pandemi pokdar bersama 3 pilar aktif menyosialisasikan protokol kesehatan," terang Dedy.

Menguatkan pernyataan Dedy, anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nipan Apandi mengatakan Pokdar Kamtibmas terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari birokrat, akademisi sampai organisasi masyarakat.

"Tentunya bisa menjadikan kelompok ini menjadi pionir ataupun contoh teladan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” ujar Nipan.



“Kita melihat juga bahwa peranan kelompok ini bisa dijadikan potensi yang baik dalam masyarakat, bukan hanya sebagai Kamtibmas seperti PAM Nataru saja, namun juga bisa melakukan peran yang lain, sepert ikut  kegaitan rescue, dengan berani terjun ke wilayah bencana, pokdar juga aktif di kegiatan intern seperti mengumpulkan uang kas guna mengasah kepedulian anggota yang terdiri dari berbagai latar belakang.  Sebagai contoh dengan uang kas, bisa membantu anggota pokdar yang lagi sakit, dalam kegiatan sosial juga kami melaksanakan pembagian sembako dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya," terang Nipan.

"Pokdarkamtibmas Bhayangkara. ini dengan harapan bahwa keamanan dan ketertiban bisa diwujudkan di tengah masyarakat karena Kamtibmas bukanlah keharusan namun kebutuhan dalam bermasyarakat,” tutup Nipan.

 
Reporter: Agus Wiebowo
Editor:Mahar Prastowo