Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Terkait Rencana Normalisasi Kalijati, Mas Tri Temui Lurah Ricky



LUGAS | Kota Bekasi - Terkait dengan rencana normalisasi Kalijati, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono atau akrab disapa Mas Tri temui  Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar dan Ketua RW 12 Mulyadi pada Selasa (12/01/20).

Mas Tri terjun langsung meninjau keadaan Kalijati yang mengalir di sisi Jalan Letnan Arsyad dan tepat di  RW 012 Kelurahan Kayuringin Jaya Kecamatan Bekasi Selatan.

Dari hasil peninjauan keadaan Kalijjati terbilang sangat memprihatinkan, banyaknya tumpukan sampah, ranting-ranting atau pohon yang tumbang, dan air yang hitam membuat keadaan Kalijati terlihat sangat kumuh, kotor dan tak terawat.

Mas Tri mengatakan kepada FKRW dan awak media bahwasanya pemerintah akan mencoba melakukan normalisasi sepanjang bantaran Kalijati secara bertahap dan mencoba untuk menertibkan bangunan liar sepanjang bantaran Kalijati agar tertata lebih rapih lagi.

"Saya rasa permasalahan Kalijati ini akan coba diselesaikan secara bertahap, dan kita akan coba membuat model pertamanan di trotoar sepanjang 200 meter, kita berupaya untuk menertibkan bukan membubarkan, karena roda perekonomian harus tetp berputar," ujar Mas Tri.



Tri Adhianto berharap normalisasi Kalijati akan segera terealisasi, lingkungan yang bersih segera terwujud, dan masalah banjir diwilayah tersebut juga dapat teratasi.

Ricky Suhendar,  Lurah Kayuringin Jaya  menyampaikan bahwa warga RW 12 beserta jajaran staff Kelurahan pernah melakukan grebeg K3 untuk membersihkan sampah dan sedimen lumpur yang ada di Kalijati, Bahkan pernah sampai mengerahkan warga. Dan saat itu dikirim bantuan tenaga dari LDII sebanyak  100 orang.

"Kami pernah bersama sama melakukan grebeg k3, Akan tetapi sampah dan pohon tumbang tetap saja terjadi di Kalijati tersebut, diakibatkan tekstur tanah sepanjang bantaran Kalijati terbilang gembur dan turab-turab yang ada banyak yang sudah rusak, yang menyebabkan terjadinya longsor, dan dari longsor tersebut menyebabkan terjadinya sedimen tanah, lumpur di kalijati tersebut naik," terang Ricky.

Menurut Ricky Kalijati merupakan problem yang sudah lama, dengan adanya pengerukan tentunya debit air bertambah dan air langsung mengalir ke Kali Bekasi.

"Tentunya semua berproses, semua bertahap, sekarang ini semua lagi difokuskan dengan penanganan Covid-19. Mudah-mudahan dengan keterbatasan anggaran tetap bisa diprogramkan secara periodik. Makanya tadi kami bicarakan dengan Pak Wakil Walikota," jelas Ricky.

Sementara Oman selaku Sekretaris RW 12 menyampaikan terimakasih atas kehadiran wakil walikota beserta lurah dan jajaranya dalam Rangka terjun langsung ke lokasi.



"Terimakasih banyak atas kunjungan ini,  semoga dengan Pak Wakil Walikota terjun langsung melihat,  kami berharap  kali juga lebih baik lagi sesuai fungsinya. Tempat-tempat berjualan ini bisa lebih di rapi dan difasilitasi,  kalau perlu dibuat semacam taman agar tampak indah,  Adapun warung-warung yang sudah ada menurut saya  biar saja,  kasihan apabila sampai terjadi penggusuran,  mereka adalah warga sini. Saya yakin apabila nanti diatur, pedagang ditata yang baik pasti warga juga akan senang," pinta Oman.

Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo