Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Bupati Muaro Jambi Resmikan Desa Persiapan Air Merah



LUGAS | Sungai Gelam, Muaro Jambi
- Setelah selama 10 tahun warga dusun Air Merah Kecamatan Sungai  Gelam menanti pemekaran menjadi desa baru, akhirnya pada hari Rabu (17/02/2021) keinginan itu tercapai. Hal itu ditandai dengan kehadiran Bupati Muaro Jambi Masnah Busro S.E., yang telah ditunggu warga tunggu sejak pagi.

Selain Bupati, hadir pula dalam acara tersebut Camat Sungai Gelam Abdul  Hakim Mahdi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muaro Jambi R Najmi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Peduli (P3P2) Propinsi Jambi  Lutfia., Kapolsek Sungai  Gelam Iptu Yohanes Candra, anggota  DPRD Komisi A  Maryadi, S.H., yang  membidangi Pemerintahan, 15 (lima belas) kepala Desa, beberapa elemen ormas dan tokoh masyarakat.

“Hari ini di sini (Air Merah), Rabu depan di Desa Ladang Panjang. Setelah itu pemekaran Kasang pudak,” ujar Bupati.

Bupati Masnah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah antusias untuk menghadiri acara peresmian Desa Persiapan Air Merah tersebut.

“Kasih jeda 3 tahun agar bisa fokus bisa menjadi desa definitif,” ucap Bupati.

Sebagai catatan,  Desa Sungai Gelam dimekarkan karena memiliki jumlah penduduk  sudah mencapai  11.358 jiwa, terdiri dari 2.862  kepala keluarga,  sementara yang masuk ke wilayah Air Merah ada 2 dusun dan 11 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah penduduk 3.850  jiwa dan  906 KK.

Terhadap pemekaran desa tersebut, Bupati Masnah mengungkapkan dirinya tidak akan diam saja. "Tetapi akan terus berusaha, untuk perbaikan dan pembangunan yang ada di Muaro Jambi," ujar Bupati.

Bupati juga menegaskan  dalam memperjuangkan pemekaran tersebut tidak ada kepentingan politik, tetapi  adalah murni dari rasa prihatin untuk masyarakat, yang memiliki desa yang sangat luas, tetapi masih dengan anggaran dana desa yang biasa.

“Sulit untuk mensejahterakan masyarakatnya,” ucap Bupati Masnah sembari berpesan dan  menitipkan kepada masyarakat agar desa persiapan ini menjadi desa definitif.

Sugeng salah satu warga mengatakan bahwa dengan terbentuknya  desa yang baru bukan berarti memutus silaturahmi dengan desa yang lama tetapi  agar desa yang baru lebih mudah dalam urusan administrasi  ke kecamatan atau ke kabupaten.

Camat Sungai Gelam Abdul Hakim Mahdi tak lupa juga mengingatkan kepada warga masyarakat supaya tetap bersabar dalam proses pembangunan menuju desa definitif.

"Pembangunan atau perbaikan jalan terus berlanjut, bahkan Desa Persiapan Air Merah akan lebih diutamakan," ujar Camat.

Sementara itu  Kadis PMD dalam laporannya disampaikan bahwa penerimaan proposal  tentang pemekaran desa baru dari masyarakat telah diajukan sejak sejak  Oktober 2011. Pemekaran Dusun Air Merah menjadi Desa Persiapan Air Merah.

Lantas,  Bupati memberikan perintah sejak  tahun 2017 agar segera melakukan sosialisasi dan baru bisa terlaksana Juli 2018, selanjutnya dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) pada 15 Juli 2018, dan  dilaksanakan verifikasi pada 21 Nopember 2020.

"Berdasarkan verifikasi tersebut kemudian diajukan ke Bupati untuk diterbitkan peraturan Bupati tentang pembentukan Desa Persiapan Air Merah, dan diterbitkan Nomor Register Desa  05.08.0017.17 oleh Kepala Dinas P3P2 Propinsi yang dilaksanakan 2 Februari 2021.

“Hari  ini menjadi tonggak sejarah lahirnya Desa Persiapan Air Merah," kata Kepala Dinas PMD.

Kepala Dinas P3P2 Propinsi Jambi Lutfia dalam sambutannya  mengungkapkan bahwa Desa  Persiapan Air Merah nantinya bisa menjadi desa definitif  dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk anggota Dewan yang ada di Dapil Sungai Gelam.

“Adanya Pemekaran Desa ini bertujuan untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing desa," terang Lutfia.

“Potensi potensi  di Kabupaten Muaro Jambi  sangat luar biasa, mengapa kita tidak kembangkan, salah satunya adalah kita punya keuntungan karena Desa Persiapan  ini termasuk desa penyangga dan harusnya produk yang ada di sini bisa dioper ke kota dan bisa menggeliat disertai perekonomian bisa lebih baik lagi," ujar Lutfia.

Usai sambutan-sambutan, Bupati meresmikan Desa Persiapan Air Merah dengan menandatangani berita acara  pelantikan Kepala Desa Persiapan dan pemotongan tumpeng.

Sebagai Pjs.  Kepala Desa Persiapan, ditunjuk Asisshuddin yang  pernah menjabat sebagai Sekertaris Desa Sungai Gelam selama 2 (dua) periode.


Laporan Faturrohman
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar