Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Memanfaatkan Tanah PSU, Para Srikandi Ini Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi



LUGAS | Kota Bekasi - Hujan baru saja mengguyur kawasan Perumahan Taman Harapan Baru (THB), RW 026 Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, Minggu 14 februari 2021 pagi.

Kendati demikian, gerimis ditambah udara dingin tidak menyurutkan langkah Endang Sudaryanti, dan sejumlah ibu-ibu lainnya untuk datang ke lahan pertanian.

Sejumlah peralatan telah mereka persiapkan seperti skop kecil, garukan besi, cangkul dan berbagai peralatan lainnya.
 
Endang Sudaryanti merupakan penasehat Kelompok Wanita Tani (KWT), sebuah wadah berkumpul kaum ibu di perumahan THB guna menunjang kemandirian dan ketahanan pangan keluarga ditengah pandemi Covid-19.



Para srikandi itu memanfaatkan sebidang lahan PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas) atau fasos/fasum seluas 1500 meter persegi yang terletak di RT 002 untuk dijadikan lahan pertanian hidroponik, tanaman obat keluarga (toga) dan budidaya ikan lele.

Seluruh hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga yang tinggal di perumahan tersebut.



Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan ditanam di lahan tersebut antara lain kacang panjang, pokcoi, sawi, bayam, cabe, jeruk, ubi jalar dan lainnya serta budidaya ikan lele sangkuriang.

Sabtu dan Minggu pagi menjadi agenda rutin Endang Sudaryanti yang akrab dipanggil Bu RW atau Bu Endang ini bersama pengurus dan anggota KWT lainnya  bercocok tanam. Kegiatan ini sekaligus jadi ajang silaturahmi para warga.

Kegiatan ibu-ibu di RW 026 sudah dilakukannya beberapa waktu sejak masa pandemi Covid-19, tepatnya Juni 2020 sampai sekarang. Hasil dari kegiatan bercocok tanam itu untuk memenuhi kebutuhan sayur, buah warga di perumahan THB. 


Semua kegiatan BU RW bersama para ibu di perumahan THB itu mendapat dukungan penuh dari para suami.

“Saya ingin ibu-ibu di RW 026 kompak ya. Saya senang melihat ibu-ibu bisa guyub di sini,” tutur Bu RW Endang Sudaryanti.

Dengan adanya program pertanian di RW 026, selain sebagai wadah Paguyuban warga, juga bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pangan khususnya sayur dan buah warga yang tinggal di perumahan Taman Harapan Baru.

“Semua untuk warga, warga senang kita senang,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Medan Satria Lia Erliani menyambut baik inisiatif dan kreatifitas warganya khususnya dalam bidang ketahanan pangan.

 


“Terkait ketahanan pangan di RW 26 memang untuk saat ini cukup luar biasa. Kelompok tani yang ada mampu membangun ketahanan pangan di lingkungan RW 026 dengan memanfaatkan lahan PSU untuk dijadikan lahan pertanian,  Hidroponik, Toga (tanaman obat keluarga), budidaya lele dan banyak lagi. Bahkan telah mampu mengembangkan usaha usaha kecil hasil karya para srikandi RW 026 yang patut diperhitungkan dari segi kualitas dan rasa,” terang Lia.

Lia lebih lanjut mengungkapkan, atas nama Pemerintah Kota Bekasi pihaknya terus melakukan pembinaan dan memfasilitasi agar ketahanan pangan di RW 026 khususnya dan wilayah Kecamatan Medan Satria umumnya mampu memenuhi kebutuhan pangan warga serta  diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat.

"Khususnya ditengah masa pandemi Covid-19," tutup Camat Medan Satria Lia Erliani.



Kontak Redaksi
Klik Reporter → Agus Wiebowo | Klik Editor
Mahar Prastowo


Posting Komentar

0 Komentar