Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Vaksin Sinovac Diproduksi Setahun Sebelum Pandemi?

Memiliki Masa Simpan 2 Tahun dan Kedaluwarsa 25 Maret 2021



LUGAS
| Jakarta
- Vaksin Sinovac yang semula bermasa simpan 2 (dua) tahun disebut kedaluwarsa pada 25 Maret 2021. Artinya vaksin telah diproduksi setahun sebelum pandemi Covid-19 karena pandemi baru terjadi dalam waktu setahun terakhir?

Ketua Tim Uji Klinis Nasional Vaksin Covid-19 Kusnandi Rusmil dalam diskusi virtual bertajuk "Memahami Covid-19 dan Mutasi Virus", Sabtu (13/3/2021) yang dilansir kompas, membenarkan soal vaksin Covid-19 asal Sinovac, China, yang memiliki masa kedaluwarsa dua tahun.

Oleh karenanya, kata Kusnandi, vaksin Covid-19 yang saat ini siap suntik harus segera dihabiskan.

"Vaksin ini secepat-cepatnya dipakai karena udah hampir 2 tahun. Jadi dipakai dulu sekarang ini, yang baru nanti dibikin lagi," kata Kusnandi

Lebih lanjut, Kusnandi memastikan, vaksin Covid-19 yang ada masih bisa melawan mutasi virus corona B.1.1.7 asal Inggris sehingga produsen belum perlu mengganti vaksin yang sedang dikembangkan.

Perihal vaksin Sinovac yang disebut  kedaluwarsa pada 25 Maret 2021, dibenarkan juru bicara Vaksinasi Covid-19  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi. Yang dijelaskan bahwa informasi itu merujuk kepada vaksin Sinovac pengadaan batch pertama sebanyak 3 juta dosis dengan rincian sejumlah 1,2 juta dosis dan 1,8 juta dosis yang diimpor beberapa waktu lalu.

Meski telah diakui pemerintah melalui kemenkes, ada saja netizen yang melalui laman turnbackhoax melakukan bantahan bahwa informasi dari pemerintah tersebut hoax.[L]

Posting Komentar

0 Komentar