Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kasubdit Binpolmas Polda Jambi Berikan Bimtek Kamtibmas dan Kebencanaan Kepada SENKOM



LUGAS
| Sungai Gelam, Muaro Jambi
- Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi mendapat bimbingan teknis (bimtek)  dari Polda Jambi terkait kamtibmas dan kebencanaan yang meliputi pandemi Covid-19 dan karhutla, pada Rabu (24/03/2021).

Bimbingan teknis (bimtek) atau pengarahan teknis (rahnis) disampaikan langsung Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jambi, AKBP Asril Usman M.A.P., di KUPP (Kantor Unit Pelayanan Pendidikan) Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Ketua Senkom Kecamatan Sungai Gelam Abdul Rohman Sholeh bersama 47 anggota mengikuti acara tersebut.

"Ini penting diikuti karena menyangkut arahan mengenai kamtibmas jelang pilkada ulang, serta penanganan pandemi Covid-19 dan bencana kebakaran hutan dan lahan," ujar Abdul Rohman Sholeh.

AKBP Asril Usman M A P., dalam arahannya  menekankan pentingnya koordinasi antara anggota Senkom di kecamatan Sungai Gelam dengan jajaran Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah kecamatan. Sehingga ia menegaskan agar antara  anggota Senkom dengan bhabinkamtibmas untuk selalu berkoordinasi demi terciptanya lingkungan yang aman, kondusif, terkendali.

"Ujung tombak kegiatan Polri  di tingkat desa adalah Bhabinkamtibmas maka harus ada kerjasama yang baik dengan Senkom. Senkom adalah organisasi sosial dan tidak untuk mencari  keuntungan, Senkom sangat baik dalam kegiatan di masyarakat,” jelas  Asril di depan para anggota Senkom serta jajaran Bhabinkatimbas yang hadir.

Soal sengketa pilkada yang menyebabkan pemilihan ulang termasuk di kecamatan Sungai Gelam, Kasubdit Binpolmas mengungkapkan, karena Pilkada melibatkan seluruh masyarakat maka perlu juga pengamanan yang intensif. "Tanpa bantuan dari  potensi yang ada di masyarakat seperti Senkom, Bhabinkamtibmas tentu tidak akan mampu," ujarnya.

AKBP Asril Usman menyampaikan, masalah baru dan potensi kerawanan sosial harus diantisipasi pasca keputusan  MK pada tanggal   22 Maret 2021 yang mengamanatkan  ada 88 TPS akan melakukan  pemilihan ulang karena di dalamnya ada yang tidak fair. Diantaranya di Kabupaten  Tanjabbar, Tanjabtim dan Kerinci. 59 TPS di Kabupaten Muaro Jambi, Jaluko (Jambi luar kota),  dan 13 TPS di Kecamatan Sungai Gelam termasuk desa  Ladang Panjang.

“Ini kewajiban kita bersama bahwa di Sungai Gelam  ada pemilihan ulang, untuk itu kita tunggu info dari  KPUD,” tegas Asril.

AKBP Asril Usman M A P., selaku Kasubdit Binpolmas juga berpesan bahwa tugas Senkom berkewajiban menyampaikan informasi, guna ikut  menjaga keamanan lingkungan sekitar.

"Berkaitan dengan akan diadakannya pemilihan ulang maka Senkom harus bisa memberi pengertian kepada masyarakat terutama kepada tim pemenangan agar tidak membuat kekacauan di masyarakat," tegas Asril.




Sementara itu soal pandemi Covid-19 Asril berpesan agar selalu ikuti  protokol kesehatan karena pandemi masih ada bahkan yang tadinya 5000 sekarang menjadi 7000-an yang terpapar.

"Bila ada berita yang belum jelas jangan dishare  terutama tentang vaksin. Bila ada kegiatan vaksin maka langsung saja ikut jangan sampai ragu," tandasnya.

Adapun mengenai penggulangan kebakaran hutan dan lahan, Asril mengungkapkan  agar dalam penanganannya melibatkan secara aktif potensi yang ada yaitu SENKOM, ORARI dan RAPI. Sekaligus seluruh Bhabinkamtibmas disarankan agar bergabung dengan SDC (SENKOM Digital Comunication) yang menjadi perangkat lapsit kamtibmas Senkom.

"Apabila ada kebakaran di Propinsi Sumsel maka tugas SENKOM adalah menginformasikan ke Polsubsektor Sungai Gelam yang nantinya akan disampaikan ke tingkat yang paling atas. Begitu juga kalau ada tititk api di wilayah tertentu maka dihimbau segera infokan ke Polsubsektor atau ke Bhabinkamtibmas setempat," ujar Asril.

Pada kesempatan ini Senkom Kecamatan Sungai Gelam mendapat cenderamata dari Polda Jambi berupa freezer yang diserahterimakan dari Kasubdit Binpolmas AKBP Asril Usman kepada ketua Senkom kecamatan Sungai Gelam Abdul Rohman Sholeh.


Laporan  Fathurrohman
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar