Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Lurah Jaticempaka Libatkan Pelaku Usaha Peduli dan Jaga K3L


LUGAS | Kota Bekasi
-  Pelaku usaha harus memiliki kreatifitas dan inovasi tinggi, itu hal lumrah dan sudah biasa. Tapi pelaku usaha harus ikut memelihara Kebersihan, Keindahan, Ketertiban Lingkungan (K3L) dengan bersama-sama warga ikut kerja bakti. Seperti tampak di Jalan Raya Jatiwaringin, Kelurahan Jaticempaka, kecamatan Pondok Gede,  kota Bekasi, Jumat (26/03/2021).

"Karena itu adalah kewajiban bersama, bukan hanya menempati saja,  tapi harus ikut merawatnya. Selain lingkungan bersih dan sehat juga meningkatkan kebersamaan masyarakat, aparatur kelurahan dan juga pelaku usaha," ujar  Lurah Jaticempaka, Amir, S.E, dalam apel pengarahan sebelum kerjabakti dilaksanakan.

Senada yang lurah  sampaikan, Abdul Muin ,S.E, selaku Kasi Permasbang kelurahan Jaticempaka mengungkapkan  kegiatan  K3 lingkungan di sepanjang jalan raya Jatiwaringin dalam rangka Jumat bersih, melibatkan aparatur kelurahan, unsur tokoh masyarakat, pengurus RT dan RW, Pamor, Linmas, karang taruna, Posyandu, PKK, para pelaku usaha dan warga wilayah sepanjang jalan Jatiwaringin.

"Selain itu kegiatan K3 dibantu oleh Unit Reaksi Cepat (URC)  di bawah naungan Ibu Kokom selaku kepala UPTD Lingkungan Hidup kecamatan Pondok Gede," ujar Abdul Muin.

Lurah Jaticempaka, Amir (kiri) memberikan pengarahan didampingi Kasi Permasbang Abdul Muin (tengah) dan Sekel M.Ridwan (kanan)


"Kegiatan ini kami sengaja melibatkan pelaku usaha, dari seafood 99, Indomart dan lain-lain. Mereka menyediakan air mineral, snack dan juga ada staf atau karyawannya beberapa orang orang ikut melaksanakan kerja bakti K3 ini. Kita semua membaur dengan warga  sekitar jalan Jatiwaringin, kita bisa kerjasama begini karena ada yang senantiasa memberikan dorongan kepada kita semua yaitu pak lurah kita pak Amir," tutur Abdul Muin.

Apa yang disampaikan Abdul Muin ditambahkan oleh ketua RW 09 kelurahan Jaticempaka, Adi Mantra, bahwa pelaksanaan kerja bakti K3 ini lokasinya tepat di jalan raya Jatiwatingin wilayah RW 09 kelurahan Jaticempaka, yang ada 8 RT, yaitu RT 01 sampai RT  08.

Dalam kerja bakti K3 tampak didominasi oleh anggota  linmas yang di komandoi oleh Sulaiman sebagai Danton.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Kelurahan (Sekel) Jaticempaka, Muhammad Ridwan Hermawan menghimbau pada para pengusaha di wilayah jalan Jatiwaringin untuk senantiasa mau bekerjasama dalam kegiatan K3.

"Para pengusaha di  wilayah jalan Jatiwaringin ini sengaja kami libatkan, karena memang dari kegiatan usaha  mereka itu saluran air itu banyak yang mampet, dan  memang seharusnya rutinitas dari para pengusaha itu yang melaksanakan kegiatan K3. Saluran-saluran air harusnya rutin dibersihkan, kan para pengusaha juga bisa pegawainya dilibatkan atau siapa saja yang bisa melakukan kerja bakti, kemampuan dari kita saja jelas tidak bisa, ini  saluran air yang sudah penuh dengan lumpur dan minyak yang sudah lama, mengangkat beton membersihkan saluran air juga bukan hal mudah, kita perlu kerjasama," tutur Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan menyampaikan harapanya pada para pemilik usaha.

"Para pelaku usaha itu tidak usah nunggu dari pihak kelurahan, tapi mereka harus punya planning  rutin mereka membersihkan saluran air, paling tidak melibatkan karyawannya, kalau tidak bisa dengan karyawannya ya mereka bisa sewa kuli untuk membersihkan saluran air di depan usaha  mereka," imbau Ridwan.

Dikatakan Ridwan, kalau semua  pengusaha melaksanakan pembersihan lingkungannya, tidak akan terjadi lagi banjir seperti beberapa waktu lalu ketika hujan turun selama 2 jam.

"Kalau semua pengusaha melaksanakan (oembersihan rutin), itu insya Allah tidak bakalan ada gumpalan-gumpalan,  tidak seperti kemarin jalan Jatiwaringin seperti kali, padahal hanya 2 jam hujan," ujar Ridwan.

Lebih penting dari itu Ridwan mengungkapkan, agar tak lagi saling menyalahkan namun  dimulai saja kebiasaan baik dari pihak RT  seminggu sekali kerja bakti di lingkungannya. Apalagi di  seputar jalan raya Jatiwaringin  yang termasuk wilayah kelurahan Jaticempaka ada 3  RW.

"Masing-masing ayo laksanakan kerjabakti secara rutin, sehingga tidak terjadi lagi jalan seperti kali," imbau Ridwan.


Lurah Jaticempaka turut bekerja bakti bersama warga



Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar