Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

PPKM Berskala Mikro Kelurahan Kayuringin Jaya Tracking Pasien Covid-19 Hingga Tingkat RT




LUGAS
| Kota Bekasi
- Sejak diberlakukan PPKM berskala mikro, Pemerintah Kota Bekasi menggelar tracking pasien Covid-19 ke sejumlah wilayah zona merah dan tertuang dalam surat edaran walikota. Pihak kelurahan Kayuringin Jaya secara rutin mengadakan tracking hingga tingkat RT. Seperti yang di ungkapkan Agus H. Mamun, Sekretaris Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi saat ditemui LUGAS di  Puskesmas Perumnas 2 Kayuringin Jaya, Kamis (25/03/2021).

"Kita kerahkan seluruh aparatur dan pamor turun ke titik-titik yang kena Covid-19 di masing-masing RT/RW. Setiap pagi selesai apel pagi semua kita sebar ke masing- masing RT tempat adanya titik-titik Covid. Karena memang Covid-19 ini bisa disembuhkan dengan semangat dari penderitanya. Ketika kita datangi, kita berikan stimulasi, semangat untuk sembuh, secara psikologis ketika kita sambung tingkat semangat lebih tinggi dan itu akan meningkatkan imunitas seseorang," terang Sekel Agus H. Mamun.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya menghimbau RT/RW jangan membiarkan orang yang terpapar covid, "berikan semangat dan tetap lakukan kepedulian, fasilitasi dan penuhi kebutuhan logistiknya, karena kalau tidak begitu dikhawatirkan akan menambah cluster baru karena orangnya kemana-mana," terang Agus.

Agus H. Mamun menjelaskan,  selain mendatangi mereka yang menjalani isolasi mandiri, pihaknya juga mengimbau RT/RW terus memantau perkembangan kesehatan pasien yang isolasi di rumah sakit atau dimanapun.

"RT/RW kami himbau jangan dibiarkan yang terpapar covid-19. Selain yang isolasi mandiri di rumah ada juga di rumah sakit, tetap kami tanyakan sejauh apa penanganan dari RT/RW,. Semoga dengan kehadiran kita ke tempat-tempat warga yang terpapar covid semoga  menjadikan semangat baru," tutur Agus.

Sekel Agus H. Mamun juga memberikan himbauan kepada warga, kepada RT/RW, apabila mendapati hasil pemeriksaan positif, segera laporkan  ke RT dan RW dan harus segera dilaporkan ke gugus tugas diatasnya.

"RT/RW tidak boleh menutup-nutupi apabila di wilayahnya ada yang terpapar Covid-19. Saat ini kita perlu bekerja sama, kita dukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19," tegas Agus H. Mamun.


Peran penting RT/RW

Peran penting RT dan RW selain  melakukan identifikasi dan pendataan atas kelompok masyarakat yang rentan tertular COVID-19, juga melakukan langkah-langkah preventif mulai dari penyebarluasan informasi terkait COVID-19, edukasi pencegahan, melakukan cek fakta dan informasi untuk menghindari hoax.

Agus H. Mamun juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih pada para aparatur Kelurahan, Puskesmas, Damkar, Dishub para pamor dan  peran semua RT/RW, Posyandu, PKK,  Karang Taruna, Bimaspol, Babinsa, yang mana semua bekerja dengan baik saling bekerja sama dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19.

"Dan himbauan kepada semua warga khususnya Kayuringin Jaya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti 5M, selalu memakai masker, mencuci tangan,  menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas," imbaunya.

Semua itu harus dimulai dengan kesadaran pada diri sendiri, sejak sekarang. "Kalau bukan kita siapa lagi? kalau bukan sekarang kapan lagi?" tutup Agus H. Mamun.




Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar