Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Tekan Dampak Pandemi, Kelurahan Kalibaru Giatkan Peran Seluruh Elemen


LUGAS | Kota Bekasi - Pada Masa pandemi covid-19 yang sedang dialami bangsa Indonesia saat ini, diperlukan upaya dan strategi lebih keras untuk mengatasi penyebaran  virus maupun dampaknya. Seperti yang disampaikan Lurah Kalibaru H. Suhartono, S.E., M.A di ruang kerjanya, kelurahan Kalibaru, Jl. Kalibaru Timur. Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, pada Selasa (9/3/2021).

"Upaya yang dilakukan pemerintah tidak putus sampai sekarang, dari yang awalnya pergerakan kewilayahan dengan diadakan lockdown, dan sekarang ini Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM skala mikro atau PPKM berbasis mikro," ungkap H. Suhartono.

Lanjutnya, "alhamdulillah di kelurahan Kalibaru ini perintah pak presiden yang diterima, dan ditindak lanjuti walikota, dalam hal ini walikota mengeluarkan KepWal terkait dengan pembatasan pemberlakukan kegiatan masyarakat."

Lurah Suhartono mengungkapkan apa-apa yang diperintahkan pimpinan ia dan jajarannya laksanakan, salah satunya terkait pencegahan dini guna menekan dampak pandemi terutama masalah kesehatan berupa penyebaran dan penularan Covid-19.

"Setiap hari kita memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi," paparnya.

Selain itu, ia bersama jajarannya rutin turun ke RT dan RW, apalagi dengan adanya RW siaga yang dibentuk dalam rangka menangani pencegahan  penyebaran Covid-19.

Untuk memastikan kegiatan PPKM ini berjalan baik lurah Suhartono juga memerintahkan staf maupun pejabat turun ke lapangan.



"Pagi setelah apel  kita lakukan himbauan protokol kesehatan ke lapangan atau wilayah, termasuk sore hari bahkan malam hari. Setiap waktu kita lakukan. Khusus malam kita melakukan PPKM  ke pelaku usaha, kita lakukan himbauan, surat teguran, untuk tertib dalam protokol kesehatan, Yaitu tertib tidak adanya kerumunan, tertib dalam menutup kegiatan mereka, tertib dengan  warungnya. Apakah di warung itu ada hand sanitizer, adakah di situ terjadi kerumunan, Apakah di situ pakai masker dan lain-lain," terang Suhartono.

Dalam Penanganan Covid-19, sinergi antar elemen di kelurahan Kalibaru digiatkan yaitu dengan selalu melibatkan 3 pilar yang meliputi pihak kantor kelurahan bersama Babinsa, Bimaspol, serta dari Dinas Kesehatan melalui puskesmas kelurahan dan juga kecamatan.

"Karang taruna dan tim URC (Unit Reaksi Cepat, red) juga kami libatkan," tambahnya.


Sinergi Pemulihan Ekonomi, Ketahanan Pangan dan Nol Kriminal


Dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terkait kondisi kehidupan secara  ekonomi masyarakat. Sebagai lurah ia bekerjasama dengan dinas terkait seperti Ketahanan Pangan, Lingkungan Hidup dan lain-lain yang ada, "kami adakan sosialisasi ketahanan pangan mandiri," ujar Suhartono.

Pihaknya menyampaikan ke masyarakat untuk mempertahankan dirinya sendiri dengan membudidayakan produk yang bisa menghasilkan.

"Salah satunya sekarang tumbuh peternakan lele, tanaman hidroponik, untuk menghidupi diri sendiri dulu, bukan untuk di jual," katanya.

Ia menilai  pandemi juga menumbuh kembangkan UMKM, "yang tadinya malas-malasan sekarang mau tidak mau berpikir bagaimana menghidupi sendiri atau keluarga. UMKM produk kerupuk kulit, peyek, ikan hias berkembang dan sekarang juga ada maggot."

Implikasi pandemi terhadap penurunan ekonomi, juga berakibat pada meningkatnya kriminalitas. Namun dengan formula program yang baik, angka kriminalitas berhasil ditekan.

"Walikota memberikan perintahnya di dalam program RW Siaga, yaitu tiga komponen yang harus di laksanakan yaitu Zero Covid, Ketahanan Pangan dan Zero Kriminal. Untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas kita tumbuh kembangkan lagi yang namanya perlindungan masyarakat,  seperti jaga malam  atau ronda," terang Suhartono soal program RW Siaga inisiatif Pemkot Bekasi.



Dalam menciptakan Zero Kriminalitas itu pihaknya selaku pemerintahan kelurahan  menjadi lebih intens lagi berkomunikasi dengan Polsek, Bimaspol, Babinsa, Linmas dan security yang ada di perumahan di wilayah Kalibaru. "Kami gerakkan ke lapangan.sehingga kriminalitas bisa kita tekan, bukan berarti habis, sampai kapanpun pasti ada, tetapi dimasa pandemi ini alhamdulillah tidak ada kenaikan signifikan," jelasnya.

Lurah Suhartono juga menghimbau pada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian pada pelaksanaan kedisiplinan protokol kesehatan atas diri sendiri masing-masing warga maupun peduli dengan orang lain di sekitarnya.

"Masyarakat Kalibaru kami himbau untuk meningkatkan kepedulian pada protokol kesehatan, itu bukan untuk diri sendiri, tapi buat orang lain, buat saudara kita, buat orang tua kita. Saya berharap kepada masyarakat kepedulian protokol kesehatan untuk ditingkatkan," pungkas Suhartono.


Reporter: Agus Wiebowo
Editor: Mahar Prastowo


Posting Komentar

0 Komentar