Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

BPBD Jayapura Gandeng Senkom Rescue Latih Pengembangan Kapasitas TRC-PB


LUGAS | Jayapura - "Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, TRC-PB, harus benar-benar sigap dan cepat dalam penanggulangan bencana baik disaat bencana datang maupun sebelum terjadinya bencana," ujar Drs. Jhonson Nainggolan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, Papua.

Kesigapan dan kecepatan dalam langkah-langkah penanggulangan bencana diterangkan Jhonson dapat meminimalisir terjadinya korban jiwa, harta benda dan risiko bencana lainnya.

Untuk itu dibutuhkan tim yang memiliki kemampuan cepat dan tepat dalam penanganan, pengkajian, koordinasi, komunikasi, serta sinkronisasi data sebelum dan saat bencana.

Guna mencapai kemampuan itu, BPDB Kabupaten Jayapura memberikan pelatihan pengembangan kapasitas bagi Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, TRC-PB, dengan pemateri dari SENKOM RESCUE, klaster kebencanaan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri.



"Kami juga berterima kasih kepada Senkom atas kesediannya menjadi pemateri dalam kegiatan ini, semoga materi yang diberikan dapat diimplementasikan oleh teman-teman TRC-PB," kata Drs. Jhonson Nainggolan.

Kegiatan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kabupaten Jayapura, diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura selama dua hari yaitu pada hari Kamis 29 April, hingga Jumat 30 April 2021, di Gedung Serba Guna GKI Yahim, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kegiatan diikuti oleh 25 anggota TRC-PB Kabupaten Jayapura yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, Basarnas, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Damkar, ormas, serta stakeholder lainnya.

Dalam kegiatan ini narasumber dari Senkom Kabupaten Jayapura menghadirkan Suparto, S.Sos selaku ketua, sekretaris Senkom Kab. Jayapura Desri Eko Winasis, S.E  dan Suardi selaku wakil sekretaris yang ketiganya telah mengantongi sertifikat kepelatihan kebencanaan nasional. Ketiganya memberikan  materi peran TRC-PB dalam mitigasi dan kaji cepat serta simulasi bencana gempa bumi.

Senkom Rescue dalam buku profil BNPB disebut memiliki 9.169 relawan kebencanaan terlatih yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.



Atas kepercayaan BPBD dan TRC-PB Kabupaten Jayapura kepada Senkom guna berbagi pengetahuan dalam penanggulangan bencana,  Ketua Senkom Kabupaten Jayapura Suparto, S.Sos mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BPBD.

"Selama 2 (dua) hari ini kami diberikan amanah untuk menjadi narasumber dengan metode diskusi, di hari pertama kami memberikan materi peran TRC-PB dalam mitigasi dan kaji cepat dan pada hari kedua kami mengisi materi simulasi saat terjadi bencana gempa bumi," kata Suparto.

"Sebenarnya tupoksi dari TRC-PB ini sangatlah luas, mulai dari mitigasi, evakuasi, kedaruratan, sampai dengan pasca bencana, namun pada kesempatan ini kami lebih memfokuskan tentang mitigasi dan kaji cepat," tambah Suparto.

Sementara itu salah satu panitia sekaligus anggota TRC-PB, Monim menjelaskan, walaupun dimasa pandemi mereka  berusaha untuk tetap menjaga dan meningkatkan kemampuan TRC-PB dan kedepannya akan terus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Walaupun dimasa pandemi kami berusaha untuk tetap menjaga dan meningkatkan kemampuan TRC-PB dan kedepannya akan terus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan," ucap Monim.

"Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Senkom atas pembekalan yang telah disampaikan, semoga kedepannya TRC-PB Kabupaten Jayapura semakin maju, solid, dan berintegritas dalam penanggulangan bencana khususnya di Kabupaten Jayapura," tambah Monim. (dew)


Laporan Tim Lugas Jayapura
Editor: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar