Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Peringati Hari Bhakti Postel ke-76, Balmon Gandeng ORARI SULUT Gelar Special Event Station


LUGAS | Manado - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Postel ke-76 tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 27 September 2021, Balai Monitoring Spectrum Frekuensi Radio Kelas II manado bersama ORARI Daerah Sulawesi Utara mengadakan kegiatan Tracking Satelite yang diberi nama North Sulawesi SSTV Event melalui Satelit LAPAN A2/ORARI IO-86 selama 2 (dua) hari, dimulai pada Sabtu 25 September 2021 pukul 12.08 wib.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di area wisata perbukitan Makatete Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Kemudian di hari kedua kegiatan dilaksanakan di Minahasa Utara untuk mode Voice 40 Meter Band dan mode FT8 di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Sekaligus memperkenalkan destinasi wisata di Sulawesi Utara melalui komunikasi amatir radio.

Kegiatan spesial event ini juga memakai nama panggilan stasion (Callsign) 8F76TEL yang cakupannya untuk wilayah Asia Oceania dan juga seluruh dunia yang bisa mendengar pancaran radio dari operator. Dan nantinya para peserta dari kegiatan tersebut yang berhasil komunikasi dengan stasion pengendali akan diberikan penghargaan berupa award Hari Bhakti Postel ke-76.

Kepala Balai Monitoring Manado Heriyanto kepada media mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya acara ini.

"Saya sangat bersyukur dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pengurus Orda dan anggota ORARI yang terlibat dalam kegiatan ini, yang mana ini baru pertama dilaksanakan dan baru kali ini juga saya melihat langsung komunikasi yang dilaksanakan via satelit LAPAN A2/ORARI IO-86," jelas Heriyanto.

"Karena ditempat saya tugas sebelumnya di Jogjakarta, belum pernah melakukan komunikasi via satelit," ungkap Heriyanto.

"Saya juga mengapresiasi kepada Orlok Bitung, Minut dan Manado serta komunitas tracking satelit (B`SATTRACK), yang ikut mensukseskan kegiatan ini hingga selesai," tambah Heriyanto.

"Kepada seluruh anggota ORARI yang terlibat pada hari ini akan kita diberikan Piagam Penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari kami, tutup Heriyanto.

Ketua ORARI Daerah Sulawesi Utara Erwin Tandaju, S.E., dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan hal serupa.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini dan  berharap kedepannya acara ini bisa lebih baik lagi," tutur Erwin.

Sebagaimana diketahui, Ketua ORARI Daerah Sulawesi Utara Erwin Tandaju, S.E., adalah Ketua Orda pertama di Indonesia yang diberikan izin untuk menggunakan kegiatan special event via satelit LAPAN A2/ORARI IO-86.

Rencanya besok (27/09) Kepala Balai Monitoring Manado Heriyanto (YB8TEL) bersama Ketua Orda Erwin Tandaju, S.E., (YB8RET) juga akan mengunjungi sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat Minahasa Tenggara khususnya yang berada di desa Ratahan, Wioi dan Desa Pangu yang terkena bencana banjir bandang serta tanah longsor beberapa hari sebelumnya.



Dari awal sampai akhir, kegiatan berjalan lancar dan kondusif meski sempat diguyur hujan yang cukup deras.

 






Reporter: Ahyar Yutji  | Editor: Taufik Zackariya

 

Posting Komentar

0 Komentar