Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Munas I Klub Logindo, Usung Semangat Kolaborasi Guna Mencapai Efisiensi Logistik Nasional


LUGAS | Jakarta - Dengan mengambil tema "Peranan Logistik Khususnya Transportasi Angkutan Barang di Era Pandemi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Indonesia", Dewan Pengurus Pusat (DPP) Logindo menggelar Musyawarah Nasional (Munas) I di Ballroom Hotel Santika, Kelapa Gading Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021).

Wiwik Kaltiminasih ketua panitia Penyelenggara Musyawarah Nasional (munas) klub Logindo kepada media menjelaskan Klub  Logindo adalah perkumpulan kolaborasi lintas usaha bersama logistik Indonesia dan acara hari ini adalah Munas yang pertama diadakan.

"Klub  Logindo adalah perkumpulan kolaborasi lintas usaha bersama logistik Indonesia. Acara hari ini adalah Munas yang pertama diadakan, kebetulan ini adalah syarat sebagai kerjasama di pelabuhan untuk persyaratan asosiasi, karena memang arahan dari Kadin pusat yaitu untuk memenuhi AD ART Asosiasi. Jadi karena itulah asosiasi untuk mengadakan Munas," ungkap Wiwik yang juga salah satu pengurus di Klub Logindo.

"Jadi Munas hari ini lebih ke agenda menjadikan acara hari ini adalah wadah kami berkumpul, ini adalah bukti bahwa kami berkumpul dan ber-asosiasi,  adapun kalau ada pemilihan ketua, pak Mustajab Susilo Basuki ini adalah sosok pemimpin yang punya visi dan misi yang luar biasa pada kami, jadi beliau adalah incumbent dan beliau adalah sosok pemimpin yang baik bagi kami," tutur Wiwik.

Dikatakan Wiwik, anggota asosiasi berjumlah 50, dengan total pengurus 15-20 orang.

"Untuk hari ini yang sudah konfirmasi hadir 35. Kami juga  mengundang dari Kementerian RI, yang terimakasihnya langsung memberikan testimoni walaupun diwakilkan," ujar Wiwik.

Sementara itu Mustajab Susilo Basuki, Ketua umum Asosiasi Klub Logindo  menjelaskan bahwa Asosiasi Klub Logindo adalah asosiasi yang didirikan dengan tujuan untuk membangun kolaborasi semua pemilik usaha logistik agar dapat tercapai efisiensi logistik nasional.

"Asosiasi Klub Logindo adalah asosiasi yang didirikan dengan tujuan untuk membangun kolaborasi semua pemilik usaha logistik agar dapat tercapai efisiensi logistik nasional," jelasnya.

Diungkapkan Mustajab, asosiasi didirikan pada 08 Oktober 2020 di Jakarta oleh 15 pengusaha logistik yang bergerak di bidang transportasi darat, pergudangan, perkapalan, forwarder serta jasa kepabeanan.

"Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain workshop, pelatihan bagi UMKM logistik khususnya terkait bisnis digital, membangun komunitas logistik yang membantu anggota agar mudah mendapat akses pembiayaan, kegiatan kemanusiaan serta meningkatkan daya kembang usaha pelaku logistik dengan kolaborasi antar sesama anggota," jelas Mustajab.

Aksi nyata dilakukan logindo dalam empat building dimasa pandemi dengan memberikan bantuan pada warga terdampak covid-19 dan mengadakan vaksin massal.

"Selama Pandemi Covid-19, pelaku logistik yaitu para sopir, operator gudang, krani lapangan dan operator logistik lainnya menjadi garda terdepan dalam mendistribusikan obat dan alat kesehatan, sembako, bahan baku industri," ujar Mustajab.

Sehingga, masih kata Mustajab, para pelaku logistik di lapangan ini sangat rentan tertular oleh virus Covid-19, dan perlu mendapat prioritas dari Pemerintah agar dapat diberikan vaksin Covid-19.

"Alhamdulilah awal Juni 2021 ini kami mendapatkan Vaksin dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menyelenggarakan vaksinasi bagi 10.000 orang pelaku logistik," kata Mustajab.

"Harapan kami sudah kami sampaikan ke kementerian perhubungan yang selalu mensupport kami, bahwa kamipun mensupport penuh program unggulan kementerian perhubungan terkait komitmen untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan," jelasnya.

Di tempat yang sama Heber Lolo Simbolon, wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  DKI Jakarta mengungkapkan pihaknya sangat welcome terhadap para pengusaha yang mau membuat payung organisasinya menjadi sebuah kekuatan baru.

"Pada prinsipnya Kadin sangat welcome terhadap teman-teman pengusaha yang mau membuat payung organisasinya menjadi sebuah kekuatan baru, tentunya dengan ada perkumpulan seperti ini Kadin akan semakin melihat optimis pertumbuhan ekonomi kita, karena target kita adalah pertumbuhan ekonomi. Kadin melihat dengan adanya  Logindo yang sekarang ini maka Indonesia akan lebih bergairah di era pandemi ini," tutur Heber Lolo Simbolon.

Lanjutnya, "harapan kita kepada ketua yang baru segera mengurus anggota luar biasanya menjadi anggota Kadin, sebab di Kadin nanti akan terbuka jendela bisnis dunia," pungkas  Heber.




Reporter: Agus Wiebowo
Editot: Mahar Prastowo

Posting Komentar

0 Komentar