Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kelurahan Kayuringin Jaya Bersama LSM Somasi Jemput Bola Perekaman KTP Warga Berkebutuhan Khusus

| 30 Januari WIB |


LUGAS | Kota Bekasi - "Terima kasih kepada pihak Kelurahan Kayuringin Jaya, LSM Somasi dan Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah mau datang melakukan perekaman KTP ke rumah warga kami yang mengalami kebutuhan khusus, ini sangat bermanfaat, salah satunya apabila harus berobat ke rumah sakit atau lainnya yang memerlukan E-KTP sebagai syarat administrasi. Saya sebagai Ketua RT dan mewakili keluarga sangat terbantu, sekali lagi kami ucapkan terimakasih semoga Allah membalasnya," Ucap Achmad Hidayat Ketua RT 07 RW 01.

Adalah warga lanjut usia Berinisial S usia 67 tahun dan gadis berusia 18 Inisial APS di Kelurahan Kayuringin Jaya yang merupakan warga berkebutuhan khusus. Karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk mendatangi tempat perekaman E-KTP terdekat.


Tim Jemput Bola dari kelurahan Kayuringin Jaya, LSM Somasi dan Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan kegiatan perekaman E-KTP pada warga  berkebutuhan khusus  ditersebut rumah warga RT 07 RW 01 Kelurahan Kayuringin Jaya,Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin 30/01/3023).

Sementara itu Sekretaris Kelurahan Kayuringin Jaya Iwan Setiawan menerangkan bahwa pelayanan  jemput bola rekam E- KTP dalam upaya memfasilitasi penduduk yang mengalami hambatan untuk datang ke tempat perekaman karena keterbatasan dan gangguan fisik atau karena kondisi sakit. 

"Diharapkan dengan pelayanan ini membantu penduduk berkebutuhan dan kondisi sakit dalam kepemilikan dokumen E-KTP dan sekaligus untuk menjaga target cakupan rekam KTP." kata Iwan Setiawan.

Bukan hal yang mudah bagi tim untuk dapat merekam data E-KTP orang dengan kebutuhan khusus. Kesulitan terbesar adalah membuat mereka bisa fokus ketika direkam datanya. Semisal ketika diambil fotonya.  Orang dengan berkebutuhan khusus cenderung  tidak bisa diam ataupun fokus ke kamera. Namun hal tersebut tidak menjadi mematahkan semangat bagi tim untuk tetap melaksanakan perekaman E-KTP bagi orang yang berkebutuhan khusus tentunya dengan bantuan keluarganya dan juga Ketua RT atau Ketua RW setempat. 

Werdiningsih Petugas Pemantauan Monitoring (pamor) RW 01 Kelurahan Kayuringin Jaya  mengatakan bahwa kegiatan jemput bola yang dilakukan sudah hal biasa dan merasa senang menjalani karena itu bagian dari tugasnya. 

"Yang penting ikhlas dan senang menjalani tugas yang diberikan, insyaallah semua jadi ringan," kata Werdiningsih petugas pamor yang dikenal ramah dan akrab dipanggil Ning.

Sementata itu Budi Aryanto Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas Masyarakat Bekasi (Somasi) menyampaikan bahwa kegiatan hari ini ke rumah warga membantu perekaman E-KTP adalah bagaian dari program somasi peduli. 

"Hari ini saya didampingi Home Care LSM Somasi Bidan Bonita terjun ke warga berkebutuhan khusus. Kegiatan ini bagaian dari program Somasi Peduli,  selama  ini banyak di luar wilayah dan hari ini somasi peduli di kampung sendiri Kayuringin. Somasi peduli selain sosial ada juga advokasi pembebasan lahan seprti Penggusuran dan lainnya. Saat ini Kami melakukan gugatan pengadilan terkait proyek startegi nasional (PSN) IPA Spam (instalasi pengadaan air) di komplek bendung BTB 45 kelurahan Margahayu bekasi timur.
Semoga dengan kagiatan sosial kami bisa bermanfaat untuk masyarakat." tutup Budi Aryanto.




PROMO PAKET UMRAH

TIKET KAI NATAL/TAHUN BARU 2024

×
Berita Terbaru Update