Jatibening Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi Mewakili Kecamatan Pondokgede



LUGAS |  Kota Bekasi - Kota Bekasi -  Kelurahan Jatibening mewakili kecamatan Pondokgede dalam lomba kinerja kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun 2024. Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, sehingga optimis bisa menjadi yang terbaik dalam lomba kinerja kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun ini.

Lurah Jatibening Jamaludin menjelaskan, ada tiga kriteria dalam penilaian lomba kinerja kelurahan, yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan kemasyarakatan. 

“Kami optimis bisa menjadi yang terbaik dalam lomba kinerja kelurahan tahun ini,” kata Jamaludin dalam sambutannya saat kegiatan penilaian Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi Tahun 2024 di Aula kantor kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/4/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Tim Penilai kinerja Kelurahan dipimpin oleh Lia Erliani Kepala Bagaian Tata Pemerintahan Kota Bekasi. Tim terdiri dari Diskominfo, BPBD, Dinas UMKM, Bappelitbangda, Disdik, DP3A, Satpol PP, Disparbud dan Akademisi Unisma. 

Turut hadir Camat pondokgede Zainal Abidin Syah dan Ketua TP PKK Kecamatan Pondokgede Licke Bieattant, Sekretaris kecamatan pondokgede Farid dan para aparatur serta staf kecamatan, para Lurah se Kecamatan Pondokgede, Sekretaris Kelurahan, para kasi kelurahan dan para staf, unsur pemerintah di kecamatan Pondokgede seperti KUA, Puskesmas, Satpol PP, kader PKK, Posyandu Ketua LPM dan BKM, Pamor, Linmas, FK RW, Ketua RW/RT, Karang Taruna dan sejumlah tokoh masyarakat.

Menurut Jamaludin, tingkat partisipasi masyarakat Jatibening dalam upaya meningkatkan pembangunan terus membaik. Selain itu, potensi ekonomi warga juga baik , seperti budaya kesenian dan pelaku usaha UMKM jaticempaka juga alhamdulillah mengalami peningkatan.

“Saya harapkan dalam penilaian Kinerja Kelurahan di tingkat Kota Bekasi dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat agar lebih baik lagi kedepannya,” Jelasnya.

Tim penilai yang dipimpin Lia Erliani didampingi Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan Lurah Jatibening Jamaludin beserta staff, berkeliling meninjau langsung wilayah yang menjadi objek penilaian.

"Ini adalah lomba kinerja kelurahan tingkat kota Bekasi, dan yang masuk ke tahap penilaian untuk klarifikasi ke lapangan. ada 10 kelurahan," kata Lia Erliani.

Lia Erliani kembali menuturkan bahwa ada 3 kriteria penilaian pada lomba itu yaitu meliputi pelayanan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

"Penilaiannya dilihat dari administrasinya, bagaimana kemudian lurah mampu membangun sinergi dengan seluruh komponen baik internal maupun eksternalnya, bagaimana dia membangun hubungan koordinasi dengan perangkat daerah, dengan atasannya" imbuhnya. 

Sementara itu Tatik Rahayu, Pemilik Rumah Sehat di RT 005 RW 001 merasa senang rumahnya diikutkan dalam penilaian rumah sehat, dirinya menaruh harapan besar supaya lomba kinerja kelurahan sekota Bekasi kelurahan Jatibening menjadi juara satu. 

" Saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini. Sehingga rumah kami masuk dalam penilaian tim dari Pemerintah Kota Bekasi dalam kriteria rumah sehat. Semoga kelurahan Jatibening  menang," Kata Titik yang juga sebagai sekretaris TP PKK dan Ketua BKM Kelurahan Jatibening. 

Di lokasi yang sama, Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah menyampaikan, kinerja aparatur kelurahan di Pondokgede sudah baik.

"Kinerja yang baik tidak hanya saat ada penilaian saja, namun peningkatan kerja harus menjadi budaya, adapun menang, itu adalah bonus," tegas Zainal. 

"Saya juga sangat apresiasi terhadap para penilai kinerja dari Kota Bekasi yang sudah sangat profesional dalam melakukan penilaian. Adapun untuk evaluasi penilaian ini akan membawa perubahan yang lebih baik lagi di kecamatan Pondokgede yang tentunya punya misi dan visi, itu harus terwujud dengan menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan profesional dengan alur pemikiran maju ke depan yang lebih baik lagi," Jelas Camat. 

Menurut Camat, lomba ini merupakan media kami untuk memperbaiki kinerja, memperbaiki tata kelola administrasi dan pelayanan

"Semoga apa yang kami upayakan bisa membangkitkan semangat untuk memperbaiki di kelurahan lain walaupun saat ini belum bisa mewakili di tingkat kota namun harapan nya ke depan bisa lebih baik lagi" terangnya

"Apa yangsudah8h di siapkan oleh teman-teman, Kelurahan Jatibening  bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan semoga kalau ada kesempatan untuk lanjut ke tahap berikutnya dan kami akan berupaya untuk lebih baik lagi," Pungkasnya.















Tidak ada komentar